Pemilu 2024 Sukses, Mendagri Apresiasi Kinerja Satpol PP dan Satlinmas

Pemilu 2024 Sukses, Mendagri Apresiasi Kinerja Satpol PP dan Satlinmas

UPACARA - Menteri Dalam Negeri M Tito Karnavian memimpin upacara peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas di Padang Sumbar, Minggu (3/3/2024).-DOK DISWAY GROUP-

PADANG, DISWAY JOGJA – Berlangsungnya Pemilihan Umum 2024 yang berjalan sukses, mendapat atensi dari Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian.

Bahkan, Mendagri mengapresiasi kinerja seluruh anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dalam menyukseskan Pemilu 2024.

Menurut Tito Karnavian, keberhasilan penyelenggaraan Pemilu 2024 merupakan kerja bersama berbagai stakeholder, baik TNI-Polri, parpol peserta pemilu termasuk yang salah satunya melibatkan peran Satpol PP dan Satlinmas.

Hal tersebut, disampaikan Mendagri saat memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Satpol PP dan ke-62 Satlinmas.

BACA JUGA : Kemendagri Pastikan Masa Jabatan Wali Kota Tegal Berakhir 22 Maret 2024

"Kesuksesan pemilu, tidak bisa diklaim satu pihak saja. Tapi saya bisa mengklaim, bahwa kesuksesan pemilu tersebut salah satunya karena efektivitasnya pelaksanaan tugas Satpol PP dan Satlinmas," ungkap Mendagri dalam upacara di Lapangan Rumah Jabatan Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Padang, Minggu (3/3/2024).

Pemilu serentak 2024, lanjut Tito, merupakan momen terpenting dalam demokrasi Indonesia. Sebab, seluruh rakyat dapat menggunakan hak pilihnya dalam pelaksanaan pemilu. Terlebih, Pemilu di Indonesia merupakan terbesar di dunia karena warga negara menggunakan hak pilihnya sekaligus dalam satu hari.

"Kelebihan lain pesta demokrasi Indonesia, tidak hanya memilih presiden dan wakil presiden, tetapi juga anggota legislatif baik pusat, provinsi maupun daerah," jelasnya dalam sambutan.

Tito Karnavian menyebutkan, dalam mewujudkan Pemilu yang berjalan sukses berarti sudah menerapkan manajemen. Salah satunya, dalam aspek keamanan dengan pelibatan Satpol PP dan Satlinmas. Pihaknya bersyukur, karena Pemilu 2024 yang berlangsung pada 14 Februari relatif aman, baik, dan lancar.

BACA JUGA : Pemda DIY Tercepat Susun RKPD 2025, Kemendagri Beri Apresiasi

"Atas nama pemerintah, saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan Satpol PP dan Satlinmas serta seluruh pembinanya," ujarnya.

Selain itu, Mendagri juga mengingatkan jajaran Satpol PP dan Satlinmas agar mendukung pelaksanaan Pilkada 2024 mendatang. Gelaran tersebut merupakan pilkada pertama yang digelar secara serentak seluruh Indonesia. Dia menekankan, anggota Satpol PP dan Satlinmas yang jumlahnya tersebar di seluruh daerah berperan penting dalam menyukseskan Pilkada 2024.

"Jika semua daerah kalau seandainya pemilu, pilkada dilaksanakan setiap daerah harus mengamankan daerahnya masing-masing," katanya.

Dalam kesempatan itu, Tito Karnavian juga menyampaikan rasa bangga dan apresiasinya terhadap berbagai dedikasi dan pelaksanaan tugas lainnya. Khususnya, yang dilaksanakan dengan baik oleh Satpol PP dan Satlinmas. Kinerja tersebut, sedikit banyak telah membuat kepercayaan publik kepada Satpol PP dan Satlinmas menjadi lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: