Destinasi Wisata Terbaru 2024 Pantai Bopong Kebumen: Info Tiket, Rute, dan Fasilitas Wisata Cek Disini

Destinasi Wisata Terbaru 2024 Pantai Bopong Kebumen: Info Tiket, Rute, dan Fasilitas Wisata Cek Disini

Wisata Pantai Bopong Puring--google.com

DISWAY JOGJA – Pantai Bopong terletak di Dusun Bopong, Desa Surorejan, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Menyajikan panorama alam yang memukau berupa laguna di tepi Samudera Indonesia, Pantai Bopong menjadi salah satu destinasi wisata terbaru 2024 di Kebumen pada tahun ini.

Sejak mulai dibangun Pemerintah Desa Surorejan, Karangtaruna, dan perusahaan swasta, Pantai Bopong telah menarik perhatian banyak wisatawan sejak tahun 2016. Pembangunan prasarana seperti jalan, jembatan, gardu pandang, dan taman telah mengubahnya dari tempat yang sepi menjadi daya tarik wisata terbaru 2024 yang ramai.

BACA JUGA : Nikmati Libur Lebaran Bareng Keluarga Dengan Bekunjung ke Wisata Terbaru 2024 Pantai Kebumen yang Memikat Hati

Keindahan Pantai Bopong

Pantai Bopong menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan lautan yang terbentang luas di hadapannya. Laguna yang terletak sekitar 400 meter dari pantai menjadi salah satu daya tarik utama tempat wisata terbaru 2024 ini. Disamping itu, keindahan alam berupa bukit-bukit kecil dan lembah datar dengan tumbuhan pandan duri memberikan nuansa yang memikat.

Laguna yang terletak agak jauh dari ombak samudera memungkinkan pengunjung untuk menikmati air dengan aman, sambil membangun istana pasir di tepiannya. Pantai Bopong juga menjadi tempat berkembang biak alami bagi penyu, yang menambah keunikan dan keaslian pengalaman wisata terbaru 2024 di sini.

Asal-usul Nama dan Legenda

Nama "Bopong" konon berasal dari cerita legenda di masyarakat setempat. Diceritakan bahwa zaman dahulu terjadi pertarungan sengit antara Joko Puring dan Raden Sujono untuk memperebutkan Dewi Sulastri, putri Adipati Citro Kusumo dari Kadipaten Pucang Kembar, di Pantai Bopong.

Pertarungan ini begitu dahsyat hingga kedua belah pihak terpaksa berguling-guling ("bopong-bopongan") hingga ke pantai selatan. Sejak saat itu, pantai ini dikenal dengan nama Pantai Bopong. Ada juga versi lain yang menyebutkan bahwa nama "bopong" diambil dari gerakan ombak yang selalu bergelombang di sepanjang pantai.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 di Kebumen, Pantai Indah Tak Tertandingi, Pas Buat Liburan

Tiket Masuk dan Fasilitas

Bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan Pantai Bopong, tiket masuk tersedia dengan harga Rp 5.000 pada hari biasa dan Rp 7.000 pada hari libur. Tarif parkir kendaraan pun cukup terjangkau, yaitu Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Pantai Bopong juga dilengkapi dengan fasilitas seperti toilet, area parkir, mushola, dan tempat kuliner, sehingga pengalaman liburan Anda akan lebih nyaman dan lengkap.

Jam Buka dan Rute Menuju Pantai Bopong

Pantai Bopong buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Untuk mencapainya dari Kota Kebumen, Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 30,7 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 44 menit. Rute perjalanan akan melalui Jalan Pemuda, Jalan Kejayan, Jalan Urut Sewu (Jalur Selatan Pantai Jawa), hingga sampai ke Jalur Pantai Bopong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: