Nusa Tenggara Timur: Pesona Wisata Terbaru 2024 Air Terjun Hidden Gem yang Belum Banyak Dikunjungi Wisatawan

Nusa Tenggara Timur: Pesona Wisata Terbaru 2024 Air Terjun Hidden Gem yang Belum Banyak Dikunjungi Wisatawan

Wisata terbaru 2024 Air Terjun di NTT--

DISWAY JOGJA - Siapa yang bisa menolak nuansa liburan asik di kawasan air terjun? Apalagi beberapa wisata terbaru 2024 air terjun di Nusa Tenggara Timur ini memiliki keindahan dan nuansa yang asri, sehingga akan membuat liburanmu lebih berkesan.

NTT adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki ratusan destinasi wisata terbaru 2024 baik alam maupun buatan yang menakjubkan. Wisata air terjun di provinsi ini juga tidak kalah menarik dengan wisata lainnya yang sudah terkenal sampai mancanegara, seperti Labuan Bajo dan Pulau Komodo.

Kalau kamu sedang mencari destinasi wisata terbaru 2024 air terjun yang menakjubkan, beberapa tempat ini menjadi rekomendasi yang wajib kamu kunjungi. Penasaran mana saja wisata air terjun yang harus kamu kunjungi di NTT? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

BACA JUGA : Desa Warisan Unesco? Yuk Simak Keunikan Wisata Terbaru 2024 Desa Adat Wae Rebo di Flores NTT

Air Terjun Tanggedu

Wisata terbaru 2024 air terjun ini terletak di Ndapayami, Kanatang, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Air terjun Tanggedu menyuguhkan pemandangan yang luar biasa cantik dengan warna turquoise pada airnya dan tebing yang menjulang.

Untuk mencapai ke air terejun ini pengunjung harus berjalan sekitar satu jam untuk turun ke sungai, melewati savana Puru Kambera, dan harus turun lagi untuk sampai di air terjun utamanya. Rasa lelah selama perjalanan akan terbayar dengan suguhan keindahan sekitar air terjun.

Kalau ingin berkunjung ke tempat wisata paling populer Air Terjun Tanggedu cobalah untuk datang lebih pagi. Hal ini dilakukan supaya kamu bisa berfoto di air terjun pada saat suasana masih sepi. Jangan lupa, bawa perbekalan sebab di tempat ini tidak ada penjual makanan atau minuman, hanya ada beberapa penjual air kelapa.

Air Terjun Wai Marang

Wisata terbaru 2024 air terjun ini memiliki keindahan yang tersembunyi yang berada di Ngaru Kanoru, Umalulu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Air Terjun Wai Marang memiliki air jernih yang berwarna kebiruan serta suasananya yang masih sepi belum terjamah banyak wisatawan.

Dari parkiran, pengunjung harus berjalan sekitar 20-30 menit untuk sampai ke air terjun. Kamu harus treking sejauh tiga kilometer dengan medan yang cukup sulit. Jadi, sebelum berkunjung ke sini kamu harus mempersipakan segala sesuatunya.

Treking yang jauh dan sulit akan terbayar dengan pemandangan indah sekali. Begitu berada tempat wisata paling favorit ini, dijamin akan terkagum-kagum dengan keindahan yang disuguhkan.

BACA JUGA : Jelajah Negeri Di Atas Awan? Wisata Terbaru 2024 NTT, Banyak Destinasi Surga Tersembunyi Dengan Pesona Estetik

Air Terjun Lapopu

Lokasi wisata paling trending air terjun selanjutnya berada di Taman Nasional Menupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (ManaLawa). Tepatnya di Manurara, Katikutana Selatan, Sumba, Nusa Tenggara Timur. Air terjun Lapopu masih sangat terjaga keasriannya dan dikenal dengan air terjun berundak-undak seperti tangga.

Jarak tempuh dari parkiran ke lokasi air terjun tidak terlalu susah, kurang lebih sekitar 10-15 menit. Namun, memang jalanannya terdiri dari bebatuan yang sedikit licin. Saat berkunjung kesini baiknya gunakan sandal yang anti slip.

Saat menuju air terjun, terdapat jembatan bambu yang hanya bisa dilewati dua orang di jembatan tersebut. Air terjun nya masih sepi dan jernih, sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangannya bahkan sampai berenang.

Tinggi air terjun kurang lebih 90 meter dengan bit air terjun ini tetap besar meski musim sedang kemarau. Air yang jatuh di kolam berubah menjadi warna hijau tosca menambah kesan yang eksotis pemandangan sekitar air terjun.

Air Terjun Ogi

Air terjun ini aksesnya harus melewati pedesaan dengan pemandangan indah bagus. Letaknya di Faobata, Bajawa, Ngada, Nusa Tenggara Timur. Air terjun Ogi jadi salah satu sumber tenaga Listrik untuk wilayah Ngada.

Lokasi wisata air terjun ini hanya beberapa ratus meter dari jalan raya, sehingga akses parkir kendaraan berada di bahu jalan dan berjalan kaki ke lokasi melewati area persawahan. Air terjunnya tinggi dan deras dengan lokasi yang masih asri dan sejuk.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 NTT? Menjelajah Pulau Habitat Kelelawar Dengan Panorama Eksotisnya

Air Terjun Cunca Wulang

Tempat wisata paling hits lainnya adalah Air Terjung Cunca Wulang yang terletak Pota Wangka, Boleng, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Letaknya tidak jauh dari Labuan Bajo dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat kurang lebih 1,5 jam.

Disini pengunjung dapat melihat air yang jatuh dari ketinggian ke dalam ngarai yang dalam. Wisata terbaru Air Terjun Cunca Wulang memiliki pemandangan yang sangat indah jika dilihat dari atas.

Untuk melihat keindahan air terjun ini dari atas, pengunjung dapat mengikuti jalan setapak di antara akar-akar pohon dan tebing untuk mencapai tempat yang tinggi dan menikmati pesona keindahan yang ada di sekitar air terjun

Wisata kekinian favorit Air Terjun Cunca Wulang ini sangat menarik karena dihiasi dengan bebatuan besar di samping kiri dan kanan aliran air yang mengalir. Hal ini semakin menambah keeksotisan air yang jernih dan suasana yang sejuk.

Nah, itulah beberapa destinasi wisata terbaru 2024 air terjun di NTT yang wajib kamu kunjungi satu persatu. Jadi, mana destinasi yang ingin kamu kunjungi lebih dahulu? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: