Cari Wisata Terbaru 2024? Cilacap Punya wisata Hits dan Populer, Wajib Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Cari Wisata Terbaru 2024? Cilacap Punya wisata Hits dan Populer, Wajib Dikunjungi Saat Libur Lebaran

wisata terbaru 2024 di cilacap--

DISWAY JOGJA – Cilacap merupakan sebuah kota yang masuk dalam Provinsi Jawa Tengah. Letaknya di bagian selatan pulau Jawa, Cilacap memiliki keindahan pantai yang menawan dan memiliki beberapa objek wisata terbaru 2024  seperti Pantai Nusakambangan, Teluk Penyu dan Gunung Papandayan.

Kota ini juga menjadi salah satu pelabuhan utama di Jawa Tengah, bagi kamu yang ingin mengunjungi beberapa wisata terbaru 2024 termasuk pulau terpencil seperti Nusa Kambangan dan Kangean maka cilacap bisa menjadi salah satu pintu masuknya. Selain itu, Cilacap juga mempunyai sejarah panjang dan kaya akan nilai budaya, seperti candi, kuil, dan situs sejarah lainnya.

BACA JUGA : Libur Lebaran Sambil Refreshing? Inilah Wisata Terbaru 2024 Hutan Pinus Jawa Timur Dengan Spot Instagramable

Ketika berwisata ke Cilacap, terdapat banyak destinasi wisata terbaru 2024 yang harus kamu kunjungi untuk belajar sekaligus mengisi waktu liburan. Disini banyak terdapat tempat wisata yang sangat hits dan instagrambable banget dan cocok untuk mengisi libur lebaran kamu.

Nah makin penasaran apa saja destinasi yang ada di Cilacap?  Berikut ini 4 rekomendasi wisata terbaru 2024 di Cilacap yang wajib kamu kunjungi saat libur lebaran :

1. Kemit Forest

Kemit Forest adalah  tempat wisata terbaru 2024 yang ada di Cilacap. Kamu bisa menghabisakan liburan kamu dan berseru-seruan di wisata ini dengan mengajak keluarga atau teman karib.

Panorama alamnya yang indah dan menakjubkan serta udara yang masih segar, asri, menjadikan tempat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan saat libur akhir pekan. Bukan hanya itu saja, tempat wisata Cilacap ini juga lengkap dengan fasilitasnya yang mampun menunjang kebutuhan pengunjung.

Nah beberapa fasilitas yang bisa kamu nikmati saat berlibur ke Kemit Forest Cilacap, diantaranya yaitu Outbond, Toilet, Mushola, Warung makan, Gazebo, Penginapan, dan ada juga Camping area. Untuk masuk ke Kemit Forest kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp20 ribu per orang.

BACA JUGA : 3 Rekomendasi Penginapan yang Dekat dengan Objek Wisata Terbaru 2024 Garut, Cek Daftarnya Disini

Jika kamu membawa kendaraan pribadi, kamu bisa membayar tiket parkir sebesar Rp 3 ribu untuk motor dan untuk mobil sebesar  Rp 5 ribu. Objek wisata beroperasional setiap hari mulai  pukul 08.00 sampai 18.00 WIB.

Kemit Forest ini berlokasi di Jl. Srikaya Karanggedang-Sidareja, Karanganyar, Kec. Gandrungmangu, Kab. Cilacap, Jawa Tengah. Tunggu apalagi yuk segera ajak keluarga dan teman-teman kamu untuk berkunjung ke wisata Cilacap ini.

2. Benteng Pendhem Cilacap

Benteng Pendhem Cilacap merupakan salah satu wisata terpopuler yang ada di Cilacap. Berlokasi di Jalan Benteng, Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. 

Untuk menuju benteng ini terdapat 2 (dua) alternatif pilihan yaitu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Nah jika kamu  menggunakan transportasi umum, kamu bisa naik kereta api ke Stasiun Cilacap, kemudian menggunakan kendaraan umum lainnya seperti ojek online.

Untuk harga tiket masuknya sendiri yaitu  sebesar Rp 8 ribu saja. Kamu bisa berkunjung di jam operasionalnya yaitu antara pukul 8 pagi sampai 6 sore dan menikmati setiap keindahan dan cerita sejarah di Benteng Pendhem.

Benteng Pendhem mempunyai bangunan yang sangat megah hasil arsitek dari Belanda. Pada awalnya tujuan dari pembuatan benteng ini yaitu untuk dapat menahan berbagai serangan yang datang dari arah laut.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024? 10 Destinasi Air Terjun Terindah di Banyuwangi Jawa Timur Cek Selengkapnya Disini

Hingga tahun 1942 benteng ini dikuasi oleh Belanda. Namun saat perang melawan Jepang, Belanda harus menerima kekalahan dan kemudian kekuasaan benteng berpindah ke tangan Jepang. 

Akan tetapi setelah Jepang menyerah pada sekutu yakni pada tahun 1945, Jepang meninggalkan Indonesia. Benteng Pendhem lalu diambil alih oleh pihak TNI Banteng Loreng Kesatuan Jawa Tengah.

Benteng ini selanjutnya digunakan untuk tempat pelatihan perang dan juga sebagai lokasi pendaratan laut. Gimana sangat menarik bukan?

3. Wisata Hutan Mangrove

Hutan Mangrove Kampung Laut Cilacap merupakan sebuah destinasi wisata favorit dengan nuansa alam dan view yang indah. Lokasinya berada di Kampung Laut, Cilacap, hutan bakau ini menawarkan keindahan alam yang menarik serta koleksi flora dan fauna yang cukup melimpah.

Untuk menuju tempat wisata ini, kamu harus menyebrang menggunakan perahu dari Pelabuhan Sleko. 

Dulu tempat ini digunakan sebagai basis untuk menghalangi bajak laut supaya tidak masuk ke wilayah tersebut.  Berdasarkan sejarah, sampai saat ini masih banyak orang yang percaya bahwa warga Kampung Laut merupakan keturunan dari pasukan Mataram.

Ketika berkunjung kesini kamu bisa menikmati keindahan alam dan bisa langsung berinteraksi dengan warga setempat. Penduduk yang berada di sekitar wilayah Kampung Laut Cilacap ini mayoritas memiliki mata pencaharian sebagai nelayan karena memang lokasinya yang berada di dekat pantai.

BACA JUGA : Simak Tempat Wisata Terbaru 2024 di Solo, Rekomendasi Tepat Menghabiskan Waktu Libur Lebaran

4. Kampung Laut Cilacap

Kampung Laut merupakan sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Cilacap yang berbatasan langsung dengan Jawa Barat dan lokasinya berada di bagian barat Jawa Tengah. Disini terdapat beberapa pulau kecil dan membentuk desa-desa kecil seperti Desa Ujung Gagak, Desa Klaces, Desa Panikel, dan Desa Ujung Alang.

Penduduk yang berada di  Kampung Laut sekitar 14 ribu jiwa yang memiliki beragam mata pencaharian, seperti petani, buruh serabutan, dan nelayan. Masyarakat di sana hidup rukun, tenang dan damai serta menggunakan perahu kecil (perahu compreng) sebagai alat transportasinya.

BACA JUGA : 3 Rekomendasi Penginapan yang Dekat dengan Objek Wisata Terbaru 2024 Garut, Cek Daftarnya Disini

Nah demikian 4 rekomendasi wisata terbaru 2024 di Cilacap yang wajib kamu kunjungi saat libur lebaran. Semoga bermanfaat. Selamat berlibur. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: