Wisata Terbaru 2024? 9 Wisata Bernuansa Alam Terbaik Di Banyuwangi, Cocok Untuk Menenangkan Pikiran

Wisata Terbaru 2024? 9 Wisata Bernuansa Alam Terbaik Di Banyuwangi, Cocok Untuk Menenangkan Pikiran

Kawah Ijen-instagram @ammar.salehan-

DISWAY JOGJA - Banyuwangi adalah kabupaten terbesar di Provinsi Jawa Timur dan berlokasi sangat dekat dengan Bali, Pulau Dewata. Banyuwangi memiliki julukan “Sunrise of Java” karena wisata terbaru 2024 dengan keindahan alamnya yang luar biasa.

Banyuwangi juga memiliki banyak wisata bernuansa alam terbaik yang menyimpan pesonanya tersendiri. Wisata terbaru 2024 bernuansa alam terbaik di banyuwangi ini juga banyak yang letaknya tersembunyi.

Wisata terbaru 2024 bernuansa alam terbaik di banyuwangi memiliki suasana yang asri dan sejuk cocok untuk menenangkan pikiran kamu dari penatnya aktivitas melelahkan.

Berikut 9 wisata terbaru 2024 bernuansa alam terbaik di Banyuwangi, cocok untuk menenangkan pikiran :

1. Kawah Ijen

Kawah Ijen merupakan wisata bernuansa aam terbaik di Banyuwangi yang terkenal karena kawah hijaunya yang ikonik, serta aktivitas pertambangan belerangnya. Kawahnya yang berwarna tosca dengan tepi tebing berwarna putih, serta pemandangan blue fire (api biru) yang bisa disaksikan saat gelap. Dengan adanya objek wisata bernuansa alam terbaik ini, kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke Islandia untuk menyaksikan keindahan api biru.

2. Taman Nasional Baluran

Wisata terbaru 2024 di Banyuwangi ini memiliki julukan “Little Africa van Java” karena di tempat wisata Bbernuansa alam terbaik  ini pengunjung dapat merasakan berada di alam terbuka dengan satwa liar yang menghuninya, seperti banteng, rusa, ular, kerbau, monyet ekor panjang, burung merak, dan masih banyak satwa liar lainnya.

Taman ini memiliki luas 25 ribu hektar, dan memiliki beberapa wilayah yang dapat dikunjungi. Seperti, Hutan Evergreen yang lebat dan penuh pepohonan rindang, Padang Savana Bekol yang membentang luas dihiasi pemandangan Gunung Baluran di belakangnya, Pantai Bama dengan keindahan biota bawah lautnya yang cocok untuk aktivitas snorkeling, sampai Hutan Mangrove dan Hutan Payau yang tersebar di utara, timur dan tenggara objek wisata Banyuwangi ini.

3. Waduk Bajulmati

Wisata bernuansa alam terbaik di Banyuwangi ini selain mampu menampung 10 juta meter kubik air, waduk yang baru dibuka pada bulan Juli 2016 ini memiliki panorama keindahan yang mirip dengan Raja Ampat yang ada di papua, karena adanya gundukan-gundukan menyerupai pulau-pulau kecil di area waduk. Fasilitas pendukung di Waduk Bajulmati pun  cukup beragam, mulai dari ATV, speed boat, sarana outbound sampai kafe.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024? 5 Tempat Wisata Rafting Terbaik di Bali, Cocok Untuk Uji Adrenalin

4. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung merupakan pantai yang terkenal sebagai surganya para peselancar, Selain itu, Pantai Plengkung juga terkenal dengan pemandangan alam yang indah, seperti pasir putihnya yang bersih dan air lautnya yang jernih.

Pantai Plengkung memiliki karakteristik ombak yang cukup unik dan menantang, yaitu ombak yang membentuk gelombang kiri (left-hand wave) yang bisa mencapai ketinggian 6-8 meter di musim angin utara (Juni-September) dan 3-4 meter di musim angin selatan (Desember-Maret). Gelombang ini sangat cocok untuk para peselancar profesional dan amatir yang ingin mencoba keahlian mereka dalam menguasai ombak.

Selain itu, di Pantai Plengkung juga terdapat beberapa fasilitas untuk para wisatawan, seperti penginapan, restoran, dan toko perlengkapan selancar. Pantai Plengkung juga menawarkan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah di sore hari.

5. Air Terjun Kembar Arum

Air Terjun yang berada di lereng Gunung Raung ini menawarkan panorama yang unik. Karena, Air Terjun Kembar Arum berada di jurang dan dikelilingi oleh persawahan. Selain menikmati air terjun, kamu bisa berenang di bendungan yang berada di bawah air terjun.Tersedia juga kolam untuk anak-anak dan gazebo untuk bersantai.

Wisata terpopuler bernuansa alam terbaik di Banyuwangi ini sangat cocok untuk menenangkan pikiran karena suasananya sejuk dan asri dikelilingi pepohonan hijau.

6. Taman Nasional Alas Purwo

Di objek wisata bernuansa alam terbaik di Banyuwangi ini kamu bisa menemui banyak ekosistem alam tropis yang mempersona mulai dari hutan tropis, pantai, hingga goa. Di sini kamu bisa menikmati sensasi alam sambil dan mengenal keanekaragaman flora dan fauna yang ada.

Kawasan hutan tertua di Pulau Jawa ini memiliki lebih dari 584 jenis tumbuhan, termasuk beberapa diantaranya adalah tumbuhan khas dan endemik, seperti sawo kecik dan bambu manggong. Selain itu, taman seluas 44.037 hektar ini pun dihuni oleh ratusan jenis fauna yang bisa kamu amati untuk studi wisata. Di sekitar taman nasional ini juga terdapat penginapan dan camping ground yang dapat digunakan sebagai tempat bermalam bagi para wisatawan.

7. Pantai Pulau Merah

Pantai ini terkenal dengan pasir pantainya yang berwarna putih kemerahan dan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Warna merah pada pasir pantai ini disebabkan oleh butiran-butiran batu vulkanik yang dihasilkan dari letusan Gunung Merapi di masa lalu. Pantai Pulau Merah memiliki ombak yang tidak terlalu tinggi dan batu karangnya tidak terlalu banyak, sehingga kamu dapat berselancar dengan aman dan nyaman di pantai ini.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024? 10 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik Di Salatiga Jawa Tengah

8. Bukit Mondoleko Sragi

Wisata bernuansa alam terbaik di Banyuwangi ini terletak di ujung Pulau Jawa, di sini kamu bisa melihat indahnya pesona lima buah gunung yang menghiasi ujung Timur Jawa yaitu, Gunung Raung, Suket, Kendil, Meranti, dan Merapi. Wisata favorit ini cocok untuk menenagkan pikiran kamu, karena pemandangannya yang indah dan udaranya sejuk.

Dalam perjalanan ada “rest area” alias tempat selfie yang keren, seperti ladang bunga matahari, bunga aneka warna, dan kebun stroberi. Di dekat gardu pandang ini terdapat gua yang konon adalah peninggalan Jepang.

9. Jawatan Benculuk

Awalnya, tempat wisata bernuansa alam terbaik di Banyuwangi ini nggak dibangun untuk destinasi wisata, melainkan sebagai daerah resapan air. Namun, tampaknya pesona pohon-pohon trembesi yang menjulang tinggi dan rindang sangat sulit untuk dilewatkan. Selain menjadikan udara di sekitarnya sejuk, deretan pohon trembesi ini juga menjadi spot yang instagrammable cocok untuk kamu yang hobi berfoto. Beberapa aktivitas juga dapat dilakukan seperti memancing dan memacu adrenalin lewat permainan arung jeram yang menantang.

Itulah beberapa rekomendasi wisata terbaru 2024 bernuansa alam terbaik di Banyuwangi, cocok untuk menenagkan pikiran. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: