Wisata Terbaru 2024? 10 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik Di Salatiga Jawa Tengah

Wisata Terbaru 2024? 10 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik Di Salatiga Jawa Tengah

Taman Nasional Gunung Merbabu-instagram @merbabuviasuwanting-

DISWAY JOGJA - Salatiga merupakan kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Salatiga letaknya di dataran tinggi memiliki udara pegunungan yang sejuk sehingga menjadikan Salatiga memiliki banyak destinasi wisata terbaru 2024 bernuansa alam.

Salatiga terkenal dengan keindahan alam yang luar biasa. Selain itu, banyak sekali lokasi sejarah, wisata terbaru 2024 kuliner hingga tempat ibadah. Jika berkunjung ke kota ini kamu akan disuguhkan pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu.

Berikut 10 rekomendasi wisata terbaru 2024 bernuansa alam terbik di Salatiga Jawa Tengah :

1. Taman Nasional Gunung Merbabu

Wisata terbaru 2024 Taman Nasional Gunung Merbabu merupakan salah satu taman nasional tertua di Indonesia.Taman Nasional Gunung Merbabu ini memiliki luas sekitar 57.700 hektar dan mencakup wilayah Kabupaten Semarang, Kabupaten Magelang, dan Kota Salatiga. Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung berapi aktif di Indonesia yang memiliki ketinggian 3.142 meter di atas permukaan laut.

Di Taman Nasional Gunung Merbabu, pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan, seperti pendakian, camping, dan berkemah. Kamu juga dapat menikmati pemandangan alam yang indah, seperti hamparan hutan pinus, savana, dan padang rumput.

2. Umbul Sidomukti

Tempat ini sangat terkenal sebagai tempat berenang di atas bukit dengan pemandangan yang menawan. Lokasinya berada pada ketinggian 1500 mdpl dengan luas mencapai 32 hektar. Ada banyak sekali fasilitas serta wahana yang bisa kamu coba seperti flying fox, paralayang, berkuda dan bermain ATV.

3. Taman Wisata Kopeng

Taman Wisata Kopeng memiliki fasilitas lengkap seperti Waterpark, Outbound Centre, Gardening 4,17 hektar, Playground, ATV, Family resort, Hall, VIP family karaoke, Fun Bilyard, Kaos corner, Resto dan Coffe Shop. Taman Wisata Kopeng juga menawarkan camping ground untuk berkemah. Selain itu, pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan pegunungan dan perkebunan teh yang hijau di sekitar taman.

4. Danau Rawa Pening

Legenda masyarakat menyebutkan bahwa asal mula dari Danau ini adalah sebatang lidi yang dicabut dari tanah, kemudian mengeluarkan air yang akhirnya menggelamkan desa dan menjadi Danau Rawa Pening ini. Keindahan alam yang disajikannya yaitu panorama pegunungan yang terpantulkan permukaan danau.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024? 7 Rekomendasi Wisata Bukit Terindah Dan Bikin Nyaman Di Kebumen Jawa Tengah

5. Sumber Mata Air Senjoyo

Sumer mata air alami ini disebut sebagai tempat mandi para putri raja di masa lampau. Bahkan, ada kisah yang mengatakan bahwa Joko Tingkir pernah berendam dan bertapa di kolam pemandian ini. Daya tarik dari obyek wisata alam terbaik di Salatiga ini yaitu keberadaan ikan-ikan yang hidup di kolam yang sudah sangat jinak, kamu bahkan bisa dengan bebas berendam bersama ikan-ikan yang berwarna-warni ini.

6. Bukit Cetho

Bukit Cetho merupakan salah satu wisata alam terbaik di Salatiga. Terletak di lereng Gunung Lawu, bukit ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan hamparan pepohonan hijau dan perkebunan teh yang indah. Pengunjung dapat melakukan pendakian ke puncak bukit untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit yang spektakuler. Di atas bukit, terdapat beberapa candi Hindu yang juga menjadi daya tarik wisatawan.

7. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu merupakan air terjun yang berada di desa Kalibening, Salatiga. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 81 meter dan dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rimbun. Ditempat ini wisatawan dapat menikmati keindahan alam yang masih asri dan segar. Kamu juga bisa berenang atau bersantai di area sekitar air terjun.

8. Boemisora

Wisata Salatigaini mengusung konsep agroforestery yang mengedepankan pemeliharaan alam terutama pepohonan. Adapun wahana yang ditawarkan Boemisora antara lain mini zoo, greenhouse, kolam ikan, area camping, hingga playground. Kamu bisa mengajak anak-anak trekking menyusuri bukit, belajar berkebun, memberi makan hingga berfoto bersama aneka satwa, hingga menangkap ikan.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024? 10+ Rekomendasi Wisata Air Terjun Terbaik Dan Populer Di Kebumen Jawa Tengah

9. Kali Odo

Kali Odo menghadirkan aktivitas seru yaitu river tubing atau mengarungi sungai dengan naik ban pelampung. Walaupun arusnya tak begitu deras, kamu bisa bersantai mengikuti arus sungai. Bahkan air jernih yang ditawarkan Kali Odo bisa membuatmu mendapatkan foto underwater yang unik.

10. Agrowisata Kampung Kopi Banaran

Di wisata alam ini kamu bisa mengelilingi keindahan perkebunan kopi sembari melihat aktivitas para pengepul Kopi. Kamu juga bisa mencicipi langsung berbagai jenis minuman kopi yang dipetik, diproses, dan diolah langsung dari perkebunan kopi setempat. Terdapat juga berbagai fasilitas rekreasi seperti flying fox, taman kupu-kupu, lapangan berkuda dan lain-lain yang bisa ditemui di kawasan wisata Salatiga satu ini.

Itulah beberapa rekomendasi wisata terbaru 2024 bernuansa alam terbaik di Salatiga Jawa Tengah. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: