Tak Hanya Kolak, Takjil Ini juga Sangat Legendaris dari Dulu Hingga Sekarang, Kuy Cobain Kenikmatannya!

Tak Hanya Kolak, Takjil Ini juga Sangat Legendaris dari Dulu Hingga Sekarang, Kuy Cobain Kenikmatannya!

Es Pisang Ijo-fimela-

DISWAY JOGJA - Saat puasa Ramadan, ada beragam menu takjil yang senantiasa hadir mengiringi berbuka puasa. Sebagai informasi, takjil merupakan kudapan atau makanan ringan yang dimakan sesaat berbuka puasa.

Di bulan Ramadan, kamu pasti dapat menjumpai banyak penjual takjil di pinggir jalan dan biasanya menu takjil dibanderol dengan kisaran harga yang murah, lho. Atau mungkin kamu juga dapat menemukan beberapa orang yang membagikan menu takjil di jalanan untuk orang-orang lain.

Meskipun belakangan ini banyak bermunculan takjil-takjil baru, akan tetapi takjil legendaris masih juga tidak kalah pamor loh. Yuk, simak beberapa menu takjil yang kerap hadir setiap bulan Ramadan!

BACA JUGA : 7 Rekomendasi Menu Takjil Kekinian? Praktis dan Cocok Untuk Berbuka Puasa!

Es Blewah

Siapa yang suka es blewah? Pasti di antara kalian ada yang menjadadikan es ini sebagai salah satu takjil favorit. Es blewah kerap jadi primadona saat bulan puasa tiba, terbuat dari buah blewah serut yang kaya vitamin A dan C, sirup, dan es.

Terkadang dalam segelas es blewah juga terdapat ragam buah lainnya, seperti kelapa dan biji selasih. Es blewah yang segar, manis, dingin, ini sangat cocok menjadi menu takjil!

Es Timun Suri

Es lain yang kerap muncul saat bulan puasa adalah es timun suri. Bahan dasar es ini adalah dari timun suri yang dipotong-potong kecil lalu diberi sirup, air, dan es.

Untuk menambah cita rasa, kamu juga bisa menambahkan susu kental manis, kelapa muda, dan jeli. Campuran timun sari dan es yang segar dapat mengembalikan rasa haus selama puasa. Jadi makin nggak sabar menunggu beduk, ya?

Es Pisang Ijo

Menu takjil selanjutnya yang kerap hadir menjadi santapan di bulan Ramadan adalah es pisang ijo. Minuman khas yang berasal dari Makassar ini selalu diminati oleh banyak orang sebagai menu buka puasa karena rasanya yang manis.

Sesuai dengan namanya, es ini berasal dari buah pisang yang dibalut dengan tepung berwarna hijau dan dilengkapi dengan sirup dan santan kelapa.

BACA JUGA : Mau Berbagi Takjil? Simak Rekomendasi Menu Takjil Hemat Untuk Berbuka Puasa!

Es Cendol

Siapa yang tak kenal dengan es cendol? Es ini merupakan minuman yang dibuat dari tepung beras yang identik dengan warna hijau.

Kemudian es cendol ini identik dengan rasa manis dan gurih yang berasal dengan campuran air gula aren dan santan. Kini es cendol juga tersedia dengan berbagai campuran buah, seperi nangka dan durian lohh.

Es Kopyor

Campuran antara es kelapa muda dan sirup cocopandan ini sangat cocok dihindangkan sebagai menu pelepas dahaga, lho gais.

Kalau di daerah kamu sulit menemukan penjual es kopyor, kamu bisa loh dapat membuatnya dengan es kelapa, sirup cocopandan dan agar-agar. Dijamin rasanya gak kalah enak dengan penjual es kopyor lainnya.

Lontong Isi

Salah satu menu takjil yang banyak diminati selanjutnya adalah lontong isi. Berbahan dasar beras dan sayuran membuat kudapan ini dipilih untuk mengatasi rasa lapar setelah berpuasa seharian.

Umumnya terdapat beberapa jenis isian lontong, mulai lontong berisikan sayur, oncon, daging ayam dan lainnya. Lebih enak lagi, kalau kamu mengonsumsinya dengan sambal kacang yang disiram pada bagian atas lontong.

Pisang Goreng Madu

Menu takjil lain yang tak kalah enak untuk dicoba adalah pisang goreng madu! Rasa pisang yang manis dan renyah, disertai olesan madu manis di atasnya, beuhhh nikmat sekalii.

Menikmati makanan manis-manis saat berbuka puasa adalah solusi yang tepat untuk meningkatkan kadar gula, lho.

BACA JUGA : Menelusuri Wisata Religi Brebes: Tempat Bersejarah, Cocok untuk Ngabuburit, dan Berburu Takjil

Mango Sticky Rice

Termasuk salah satu makanan khas Thailand, menu takjil ini juga bisa disajikan sebagai takjil saat bula bulan puasa, lho.

Mango sticky rice adalah makanan yang menggunakan potongan mangga, alpukat, kelapa muda, dan nangka. Adanya ketan dan santan di atasnya membuat masakan jadi makin enak!

Itulah beberapa rekomendasi takjil yang legendaris dari dahulu hingga sekarang, kalau kamu mau coba olahan takjil yang mana?? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: