Anjuran Minuman yang Cocok Untuk Berbuka Puasa, Apa saja? Yuk Buruan Cek!

Anjuran Minuman yang Cocok Untuk Berbuka Puasa, Apa saja? Yuk Buruan Cek!

Minuman yang cocok untuk berbuka puasa--pexels.com

DISWAY JOGJA-Setelah menjalankan ibadah puasa seharian, tentunya tubuh kita mengalami dehidrasi dan kekurangan zat-zat penting yang dibutuhkan.

Oleh karena itu, saat berbuka puasa, penting untuk mengonsumsi minuman yang tepat agar tubuh dapat memenuhi kebutuhan cairannya dan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Memilih minuman yang tepat saat berbuka puasa dapat membantu mencegah masalah kesehatan seperti sembelit, sakit kepala, dan kelelahan.

Di sisi lain, mengonsumsi minuman yang tidak sehat dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan, seperti meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit kronis lainnya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami jenis-jenis minuman yang baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa dan manfaatnya bagi tubuh kita.

Dalam artikel ini, kita akan membahas anjuran minuman yang cocok untuk berbuka puasa beserta alasannya. Dengan mengikuti anjuran ini, kita dapat memaksimalkan manfaat dari minuman yang kita konsumsi dan membantu tubuh kita pulih setelah seharian berpuasa.

1. Air Putih

Ketika berbuka puasa, minuman pertama yang harus kita konsumsi adalah air putih. Tubuh kita kehilangan banyak cairan selama berpuasa, sehingga penting untuk menghidrasi diri dengan segera setelah berbuka. Air putih adalah minuman yang paling aman dan efektif untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

Dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 2-3 gelas air putih saat berbuka puasa. Hal ini dapat membantu mencegah dehidrasi, menjaga fungsi ginjal, dan membantu pencernaan. Air putih juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat membantu dalam proses pembakaran kalori.

2. Jus Buah Segar

Jus buah segar merupakan pilihan minuman yang baik untuk berbuka puasa. Jus buah segar kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh setelah seharian berpuasa. Beberapa jenis buah yang dianjurkan untuk dijadikan jus adalah jeruk, apel, tomat, dan buah beri.

Jus jeruk kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu penyerapan zat besi. Jus apel mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan kandungan antioksidannya dapat membantu melawan radikal bebas. Jus tomat kaya akan likopen yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pencegahan kanker. Sementara jus buah beri mengandung antioksidan yang tinggi serta vitamin C dan K.

Namun, pastikan untuk tidak menambahkan gula berlebih pada jus buah Anda. Anda juga dapat mencampurkan beberapa jenis buah untuk mendapatkan manfaat yang lebih beragam.

BACA JUGA:Segarnya Buah Tropis: 7 Resep Jus Buah Segar untuk Menemani Berbuka Kamu!

3. Susu Rendah Lemak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: