Cari Tempat Ngabuburit? Berikut Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asyik di Purbalingga! Mulai Alun-Alun Hingga Mas

Cari Tempat Ngabuburit? Berikut Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asyik di Purbalingga! Mulai Alun-Alun Hingga Mas

Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asyik di Purbalingga--Google.com

JOGJA DISWAY - Selama bulan Ramadan, kegiatan ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa menjadi kegiatan yang lazim dilakukan, termasuk di Purbalingga. Ngabuburit biasanya dilakukan oleh masyarakat di luar rumah mereka.

Saat memasuki awal bulan Ramadan 2024, selain jadwal berbuka puasa dan sahur, tempat untuk ngabuburit juga menjadi sorotan bagi masyarakat. Baik warga lokal Purbalingga maupun para wisatawan yang berada di kota tersebut pada bulan Ramadan 2024, dapat menjelajahi tempat-tempat ngabuburit yang direkomendasikan di sini.

Purbalingga, sebuah kabupaten di Jawa Tengah, menawarkan beragam destinasi wisata, termasuk beberapa tempat ngabuburit yang layak untuk dikunjungi.

Jangan khawatir, berikut merupakan tempat ngabuburit mengasyikkan yang ada di Purbalingga:

BACA JUGA : Muslim Wajib Tahu! Sebab Tanpa Sadar Ada Hal Yang Membatalkan Ibadah Puasa, Dan Mengurangi Pahala

1.       Alun-Alun Purbalingga

Di tengah kota Purbalingga, Jawa Tengah, terletak alun-alun Purbalingga yang menjadi destinasi wisata gratis yang populer bagi warga lokal untuk ngabuburit menjelang waktu berbuka puasa Ramadan.

Di alun-alun Purbalingga ini, pengunjung dapat menikmati berbagai permainan anak dan beragam kuliner street food yang dijual oleh pedagang. Tempat ini menjadi pilihan yang ideal untuk bersantai dan menikmati hidangan berbuka puasa bersama keluarga, teman, atau sahabat.

Letaknya yang strategis dan dekat dengan masjid memudahkan para pengunjung untuk menunaikan salat setelah berbuka puasa.

2.       Usman Janatin City Park Purbalingga

Selanjutnya, terdapat Taman Kota Usman Janatin City Park yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani No 57 Purbalingga Kidul. Tempat ini merupakan taman kota di Purbalingga yang tidak terlalu jauh dari alun-alun Purbalingga.

Pengunjung dapat menghabiskan waktu ngabuburit di sini saat sore hari untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Taman ini memiliki luas area dengan berbagai wahana bermain anak-anak. Di sekitar tempat wisata Purbalingga ini, juga terdapat penjual kuliner street food yang dapat dipilih sebagai menu berbuka puasa selama bulan Ramadan.

BACA JUGA : Apa Hukumnya Bagi Seseorang yang Sengaja Tidak Berpuasa di Bulan Ramadhan? Awas Hati-Hati! Simak Penjelasannya

3.       Gang Mayong Purbalingga

Gang Mayong sebelumnya dikenal sebagai Kya-kya Mayong, mengadopsi suasana Tunjungan atau Taman G Walk (Gapura Walkway) di Surabaya. Nama tersebut terkait dengan interior yang dihiasi lampion-lampion mirip suasana keramaian di daerah pecinan.

Meskipun lampion-lampion tersebut kemudian diganti dengan lampu biasa, suasana keramaian di Gang Mayong tetap terjaga.

Keramaian Gang Mayong terutama terjadi pada malam minggu atau hari libur, menjadi destinasi kuliner yang populer di Purbalingga selain Purbalingga Food Centre.

Meskipun nama Kya-kya Mayong mulai meredup dan kembali ke nama aslinya, Gang Mayong tetap menjadi tempat favorit bagi wisatawan yang mencari kuliner di Purbalingga.

4.       Klawing Sonten Desa Banjaran Purbalingga

Klawing Sonten adalah destinasi wisata yang baru di Kabupaten Purbalingga. Terletak di Desa Banjaran, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, tempat ini menawarkan pemandangan alam yang indah dengan latar belakang Sungai Klawing dan Bendungan Slis.

Suasana sejuk dan angin yang bertiup di tepi sungai dan bendungan menjadi daya tarik utama di Klawing Sonten.

Di sekitar area sungai, terdapat beberapa gazebo yang menjadi tempat istirahat dan bersantai. Selain itu, terdapat juga wisata kuliner di pendopo Klawing Sonten yang dibangun dari bambu, yang menyajikan berbagai minuman dan makanan.

BACA JUGA : Simak! 8 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Jasmani dan Mental

5.       Purbalingga Food Centre (PFC)

Purbalingga Food Center (PFC) adalah destinasi kuliner yang terletak di pusat Kota Purbalingga, tepatnya di Jalan Lingkar di sebelah selatan GOR Goentoer Daryono, Area Sawah, Purbalingga Kidul, Kecamatan Purbalingga, Jawa Tengah.

Tempat ini sangat cocok bagi pecinta kuliner karena menyediakan beragam jenis makanan, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat yang lezat dan menggugah selera.

6.       Masjid Agung Darussalam Purbalingga

Masjid Agung Purbalingga, terletak di Purbalingga, Jawa Tengah, merupakan sebuah masjid yang diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah dan dipugar oleh Bupati Purbalingga, Triyono Budi Sasongko. Dengan desain arsitektur yang terinspirasi oleh Masjid Nabawi di Madinah, masjid ini mampu menampung hingga 2500 jamaah.

BACA JUGA : 5 Amalan Sunnah Rasulullah saw di Bulan Ramadhan, Yuk Kita Amalkan!

Itulah sederet rekomendasi tempat ngabuburit paling asyik di wilayah Purbalingga, Jawa Tengah (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: