Simak! 8 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Jasmani dan Mental

Simak! 8 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Jasmani dan Mental

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Jasmani dan Mental--

DISWAY JOGJA - Puasa sering dikaitkan sebagai kegiatan yang berkaitan dengan ibadah keagamaan. Namun, sebenarnya di luar konteks itu, puasa juga bisa membuat tubuh kita lebih sehat.

Saat berpuasa, kita akan mengikuti jadwal makan dan minum tertentu. Hal ini membuat kita cenderung memiliki waktu makan yang lebih teratur. Dalam kehidupan sehari-hari, kita mengenal berbagai jenis puasa, dengan rentang waktu antara 24-72 jam untuk setiap siklusnya.

Secara umum, puasa dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Yuk, simak deskripsi lengkapnya di bawah ini!

8 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan berpuasa secara rutin:

1. Mencegah Kanker

Manfaat puasa yang pertama adalah dapat mengurangi radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Metabolism Open, puasa dari pagi hingga matahari terbenam dapat mengurangi stres oksidatif.

Hal ini terjadi karena gen antioksidan meningkat selama puasa. Stres oksidatif adalah suatu kondisi ketika radikal bebas dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralisirnya. Dengan berpuasa, kelebihan radikal bebas dapat dikendalikan.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dengan berpuasa, kita juga bisa mencegah berbagai penyakit karena bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Bagaimana?

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Frontiers in Nutrition, puasa setidaknya selama tiga hari dapat membuat tubuh memproduksi sel darah putih baru. Hal ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

BACA JUGA : 10 Makanan yang Harus Dihindari Ketika Berpuasa!

3. Mencegah Diabetes

Untuk mencegah diabetes, kita harus menerapkan gaya hidup sehat. Salah satu caranya adalah dengan berpuasa. Mengutip Healthline, puasa dapat menjaga kestabilan kadar gula darah dalam tubuh. Inilah yang menjauhkan kita dari diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: