5 Amalan Sunnah Rasulullah saw di Bulan Ramadhan, Yuk Kita Amalkan!

5 Amalan Sunnah Rasulullah saw di Bulan Ramadhan, Yuk Kita Amalkan!

Amalan sunnah rasulullah--pexels.com

DISWAY JOGJA-Ramadhan, bulan yang dinanti dan dirindukan oleh setiap Muslim di seluruh penjuru dunia. Bulan penuh berkah ini tidak hanya menjadi momentum untuk berpuasa, tapi juga memperbanyak amalan-amalan sunnah sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.

Berikut lima amalan sunnah beliau yang patut kita teladani di bulan Ramadhan:

1. Memperbanyak Membaca Al-Quran

Dari Ibnu 'Umar radhiyallahu'anhuma, ia berkata:

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلَامُ وَكَانَ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ

"Dari Ibnu Umar, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau senantiasa lebih dermawan saat di bulan Ramadhan, tatkala Jibril menemuinya. Dan Jibril senantiasa menemuinya di setiap malam di bulan Ramadhan untuk mempelajari Al-Quran bersama beliau." (HR. Bukhari no. 6 dan Muslim no. 2308)

Di bulan Ramadhan, Rasulullah saw senantiasa meningkatkan kuantitas dan kualitas tilawah Al-Quran.

Beliau bermuzakarah (saling mengingatkan) dengan Jibril agar bacaan dan hafalannya semakin baik. Sungguh teladan yang sempurna bagi kita untuk memperbanyak membaca Al-Quran di bulan mulia ini.

2. Melaksanakan I'tikaf di Akhir Ramadhan

Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha, ia berkata:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَعْتَكِفُ الْعَشْرَ الأَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam senantiasa melaksanakan i'tikaf (menetap di masjid untuk beribadah) pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan." (HR. Bukhari no. 1923 dan Muslim no. 1171)

I'tikaf merupakan amalan sunnah yang dilakukan dengan menetap di masjid untuk sepenuhnya beribadah kepada Allah.

Rasulullah saw biasa melakukannya di sepuluh terakhir bulan Ramadhan, terutama pada malam Lailatul Qadar yang penuh keberkahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: