10 Hal yang Dapat Mengurangi Pahala Puasa Jika Dilakukan Saat Berpuasa! Apa Saja?

10 Hal yang Dapat Mengurangi Pahala Puasa Jika Dilakukan Saat Berpuasa! Apa Saja?

hal yang dapat mengurangi pahala puasa--freepik.com

DISWAY JOGJA-Puasa Ramadhan adalah ibadah mulia yang diwajibkan oleh Allah SWT kepada umat Muslim. Selain sebagai bentuk ketaatan, puasa juga memiliki banyak hikmah dan manfaat bagi kesehatan jasmani dan rohani.

Namun, ada beberapa hal yang dapat mengurangi pahala puasa jika dilakukan saat berpuasa. Sebagai umat Muslim, sudah sepatutnya kita menghindari hal-hal tersebut agar ibadah puasa kita menjadi lebih sempurna dan pahalanya tidak berkurang.

Berikut adalah 10 hal yang dapat mengurangi pahala puasa jika dilakukan saat berpuasa:

1. Berbohong dan Berkata Dusta

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan perbuatan batil, maka Allah tidak memerlukan ia meninggalkan makan dan minumnya." (HR. Bukhari)

Berbohong dan berkata dusta adalah perbuatan yang sangat dilarang dalam Islam. Apalagi jika dilakukan saat berpuasa, hal ini dapat mengurangi pahala puasa kita. Oleh karena itu, sebaiknya kita selalu berusaha untuk berkata jujur dan menghindari kebohongan.

2. Ghibah (Menggunjing)

Ghibah atau menggunjing adalah membicarakan keburukan orang lain yang tidak disukai oleh orang tersebut. Rasulullah SAW bersabda, "Ghibah itu lebih buruk daripada berzina." (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

Ghibah adalah perbuatan yang sangat tercela dan dapat mengurangi pahala puasa kita. Oleh karena itu, kita harus berusaha untuk menghindari ghibah dan menjaga lisan kita dari membicarakan keburukan orang lain.

BACA JUGA : 10 Hal yang Membatalkan Puasa!!, Nomor 9 Sering Disepelekan!

3. Berdebat dan Bertengkar

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang tidak meninggalkan ucapan keji dan perbuatan bodoh, maka Allah tidak memerlukan ia meninggalkan makan dan minumnya." (HR. Bukhari)

Berdebat dan bertengkar dapat menimbulkan permusuhan dan kekerasan. Hal ini tentu saja bertentangan dengan semangat puasa yang seharusnya membuat kita lebih sabar dan mengendalikan emosi.

Oleh karena itu, sebaiknya kita menghindari perdebatan dan pertengkaran saat berpuasa agar tidak mengurangi pahala puasa kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: