6 Hal Yang Dapat Menghilangkan Pahala Puasa! Jangan Lakukan Agar Puasamu Tidak Sia-Sia!

6 Hal Yang Dapat Menghilangkan Pahala Puasa! Jangan Lakukan Agar Puasamu Tidak Sia-Sia!

Menggunjing-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Berbeda dengan ibadah lainnya, puasa Ramadhan merupakan ibadah yang khusus. Ibadah tersebut hanya dilakukan di bulan Ramadhan. Puasa Ramadhan merupakan ibadah dengan ganjaran pahala yang besar. Oleh karena itu, kita perlu berhati-hati dalam melakukan sesuatu pada bulan ramadhan ini.

Ada beberapa hal yang dapat menghilangkan pahala puasa karena tindakan dan kesalahan yang sengaja kita perbuat. Beberapa hal ini juga sering dilakukan karena dianggap sepele dan tidak berbahaya. Padahal hal tersebut dapat merugikan diri kita. Karena Hakikat dari puasa adalah menahan diri dari segala sesuatu yang bisa membatalkan puasa dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari.

Berikut 6 hal yang dapat menghilangkan pahala puasa :

1. Berdusta dan Berbohong

Berkata dusta adalah menyampaikan sesuatu yang berlainan dengan kenyataan. Jika dilhat dalam hal perbuatan, orang yang berdusta juga bisa berperilaku tidak sesuai dengan perkataannya. Dusta merupakan dosa besar dalam Islam. Jika seseorang sudah terlanjur berdusta, ia akan melakukan kebohongan lain untuk menutupi dusta sebelumnya. Oleh karena itu, jika orang berdusta selama ia berpuasa maka ibadah puasanya tidak bernilai apa-apa di sisi Allah SWT, sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan,” (HR. Bukhari).

2. Bersikap Riya

Ketika seseorang berpuasa dengan tujuan ingin mendapat pujian dari orang lain atau merasa ibadah puasa yang dilakukannya lebih baik dari puasa yang dilakukan orang lain, itu dapat menghilangkan pahala puasa, karena sifat riya tergolong dalam perbuatan syirik.

Rasulullah saw bersabda:

ومنْ صَامَ يُرائِي فقد أشرَكَ    

Artinya: “Barang siapa yang berpuasa namun ia riya, maka dia telah berbuat syirik.” (HR Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Thabrani).  

BACA JUGA : 11 Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa! Wajib Kamu Ketahui Agar Puasa Sah!

3. Membicarakan Keburukan Orang Lain

Membicarakan keburukan orang lain termasuk perilaku tercela yang dilarang Islam. Seseorang yang bergosip atau membicarakan keburukan orang lain diibaratkan seperti memakan bangkai saudaranya, sebagaimana firman Allah SWT dalam surah Al-Hujurat ayat 12.

Jika seorang muslim bergibah, sedang ia berpuasa, maka ia hanya memperoleh lapar dan haus saja, tidak ada pahala bagi ibadah puasanya. Hal ini ditegaskan dalam hadis berikut: “Puasa bukanlah hanya menahan makan dan minum saja. Akan tetapi, puasa adalah dengan menahan diri dari perkataan sia-sia dan rofats”.

4. Berbuka Dengan Sesuatu Haram

Berbuka puasa dengan sesuatu yang haram dapat menjadi penyebab hilangnya pahala puasa. Beberapa makanan haram seperti makanan hasil curian atau sesuatu yang dihukumi najis dalam Islam. Selain itu, berbuka dengan sesuatu yang haram juga bisa membuat seseorang merasa berat untuk melakukan suatu ibadah, sehingga akan sangat mudah meninggalkannya.

5. Adu Domba atau Fitnah

BACA JUGA : 10 Hal yang Membatalkan Puasa!!, Nomor 9 Sering Disepelekan!

Akar dari perbuatan adu domba dan fitnah adalah kebencian. Adu domba dapat berupa rasa tidak senang melihat orang lain rukun, lalu menyebarkan fitnah untuk merusaknya. Jangankan pahala puasa, Islam mengancam orang yang melakukan adu domba dengan balasan neraka di akherat. Seperti sabda Nabi Muhammad SAW: "Pelaku adu domba tidak akan masuk surga," (H.R. Muslim).

6. Memandang Dengan Syahwat

Memandang dengan syahwat, tindakan ini tidak dibenarkan saat berpuasa. Di dalam Surah Al Baqarah ayat 185 dikatakan bahwa “diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”. Kemudian, Rasulullah saw. menambahkan dalam perkataanya, “barang siapa yang tidak mampu menahan syahwatnya maka berpuasalah”. Pada kedua dalil di atas dapat diambil kesimpulan bahwa berpuasa adalah menahan nafsu dan wujud dari orang-orang yang bertakwa. Maka sebaiknya memandang dengan syahwat dihindari saat berpuasa.

Itulah beberapa hal yang dapat menghilangkan pahala puasa. Semoga kita senantiasa bisa menjaga diri dari hal-hal yang dapat mengurangi pahala puasa agar puasa kita tidak sia-sia. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: