10 Hal yang Membatalkan Puasa!!, Nomor 9 Sering Disepelekan!

10 Hal yang Membatalkan Puasa!!, Nomor 9 Sering Disepelekan!

Hal yang dapat membatalkan puasa--freepik.com

DISWAY JOGJA-Puasa adalah salah satu kewajiban agama bagi umat Islam yang dijalankan selama bulan Ramadan.

Selama periode ini, umat Islam menahan diri dari makanan, minuman, dan aktivitas lainnya dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Namun, ada beberapa hal yang dapat membatalkan puasa secara tidak sengaja atau disengaja. kita akan menjelajahi 10 hal yang membatalkan puasa, dengan penekanan khusus pada nomor 9 yang seringkali disepelekan.

1. Makan dan Minum

Salah satu cara paling jelas untuk membatalkan puasa adalah dengan sengaja makan atau minum selama waktu yang diharuskan untuk berpuasa. Bahkan menelan air secara tidak sengaja juga membatalkan puasa. jadi harus hati-hati yah sahabat agar tidak terhasut oleh setan yang membuat kita terlena.

2. Hubungan Intim

Berhubungan intim dengan pasangan suami istri yang sah membatalkan puasa dan merupakan pelanggaran serius terhadap aturan puasa Ramadan. Jangan lupa komunikaskan dengan pasangan halalmu yah!

3. Muntah dengan Sengaja

Jika seseorang sengaja memuntahkan makanan, minuman, atau zat lainnya, puasanya dianggap batal. Namun, jika muntah tidak disengaja atau tidak sengaja disebabkan oleh kondisi kesehatan, puasa tetap sah.

Jadi jangan sampai berbohong pada diri sendiri yah! karena jika dilakukan, kerugian akan datang pada diri kita sendiri sahabat!

BACA JUGA : Ingin Puasa Ramadhan Sempurna? Yuk Simak 5 Amalan yang Membatalkan Ibadah Puasa, Wajib di Hindari

4. Darurat Medis

Tindakan medis tertentu yang memerlukan pemberian makanan, minuman, atau obat-obatan yang memasuki saluran pencernaan melalui mulut dapat membatalkan puasa.

Namun, ini harus dilakukan atas nasihat dokter dan dengan mempertimbangkan kondisi kesehatan. Jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan ya! jangan sepelekan jika terkena demam atau batuk bahkan flu. Periksakan ke dokter agar dapat penanganan yang serius dan tepat.

BACA JUGA : 11 Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa! Wajib Kamu Ketahui Agar Puasa Sah!

5. Menstruasi atau Nifas

Wanita Muslim yang sedang menstruasi atau nifas tidak diwajibkan untuk berpuasa selama periode tersebut. Puasa mereka dianggap batal selama periode ini dan mereka diharapkan untuk menggantinya di lain waktu setelah mereka pulih.

6. Melupakan Bahwa Sedang Berpuasa

Tindakan-tindakan yang biasanya membatalkan puasa seperti makan atau minum secara tidak sengaja karena lupa bahwa sedang berpuasa, tidak dianggap sebagai dosa dan puasa tetap sah. Namun, ketika seseorang menyadari bahwa ia sedang berpuasa, ia harus segera menghentikan tindakan tersebut. 

7. Mengeluarkan Cairan dari Tubuh

Mengeluarkan cairan seperti darah yang banyak (seperti donor darah), air kencing secara sengaja, atau melakukan prosedur medis yang memerlukan pengambilan sampel cairan tubuh dengan jarum yang masuk ke dalam tubuh dapat membatalkan puasa.

8. Menghirup Asap Rokok 

Meskipun merokok sudah merupakan perilaku yang dilarang dalam Islam, menghirup asap rokok selama berpuasa membatalkan puasa karena itu dianggap sebagai masuknya zat ke dalam tubuh.

9. Berbohong atau Bersumpah Palsu

Nomor 9 ini seringkali diabaikan atau disepelekan, namun berbohong atau bersumpah palsu dengan sengaja dapat membatalkan puasa seseorang. Kebenaran dan kejujuran adalah nilai yang sangat penting dalam Islam, dan melanggar nilai-nilai ini dapat berdampak pada keabsahan puasa seseorang.

BACA JUGA : Mudah dan Butuh Waktu Cepat, 4 Resep Makanan Menu Buka Puasa 

10. Menelan Benda Asing

Sengaja menelan benda asing seperti makanan yang tersangkut di tenggorokan atau benda-benda lain yang tidak dimaksudkan untuk dimakan juga dapat membatalkan puasa.

Dalam Islam, menjaga puasa dengan benar adalah sebuah tanggung jawab besar. Ini bukan hanya tentang menahan diri dari makanan dan minuman, tetapi juga tentang menjaga kebersihan spiritual dan moral.

Oleh karena itu, penting bagi umat Islam untuk memahami hal-hal yang membatalkan puasa dan berusaha untuk menghindarinya selama bulan Ramadan dan selama hari-hari puasa lainnya.

Semoga ulasan ini dapat menjadi pengingat bagi kita semua untuk menjalani puasa dengan sepenuh hati dan ketaatan kepada ajaran agama. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: