Simak 5 Tips Agar Puasa Tetap Lancar dan Gak Bolong, Telat Bangun Sahur?

Simak 5 Tips Agar Puasa Tetap Lancar dan Gak Bolong, Telat Bangun Sahur?

Tips Agar Puasa Tetap Lancar--

DISWAY JOGJA - Siapa yang sering bangun terlambat? nah, agar puasa tidak bolong meski sudah kesiangan, coba ikuti beberapa tips agar puasa tetap lancar.

Meski masih dianggap sah, namun bangun telat subuh bisa berisiko mengganggu kelancaran puasa karena tubuh tidak mendapatkan asupan yang tepat, sehingga berisiko mengalami dehidrasi ringan dan penurunan energi saat berpuasa.

BACA JUGA : 7 Rekomendasi Menu Berbuka Puasa yang Wajib Ada di Meja Makan Anda!

Untuk itu, agar terhindar dari masalah tubuh dan puasa saat bangun subuh, coba ikuti beberapa tips agar tetap lancar berpuasa sebagai berikut:

1. Mandi air dingin

Salah satu tips yang bisa dilakukan agar puasa tetap lancar meski telat bangun sahur yaitu mandi dengan air dingin. Siapa sangka, jika mandi air dingin bisa menjadi tips agar tetap lancar berpuasa saat telat makan sahur alias kesiangan?

Mandi air dingin memiliki manfaat yang dapat membantu tubuh menjadi lebih segar dan lebih bersemangat, terutama saat makan sahur. 

Tips tetap berpuasa dengan lancar meski telat bangun subuh kali ini diyakini ampuh karena, mandi air dingin selama 3-5 menit bisa melawan lemas dan lesu.

Ingat, Anda tidak perlu mandi dengan air es, suhu air sekitar 20 derajat Celcius sudah cukup untuk membuat tubuh dan pikiran Anda terasa lebih segar saat makan sahur telat.

Mandi air dingin bisa menjadi salah satu cara untuk memulai puasa dengan semangat!

2. Banyak Ibadah

Mungkin terlihat klise, tapi tips agar puasa tetap lancar meski telat bangun sahur adalah memperbanyak ibadah.

Fokus pada ibadah seperti Mengaji, bersedekah, dan iktikaf di masjid, atau pada para pekerja dapat menyempatkan diri di sela-sela kegiatan untuk berdzikir.

Fokus dan memperbanyak ibadah yang dilakukan akan memperkuat motivasi saat berpuasa menjadi lebih kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: