10 Tips Agar Puasa Lancar dan Nyaman, Cegah Maag Kambuh!

10 Tips Agar Puasa Lancar dan Nyaman, Cegah Maag Kambuh!

Cegah Maag Kambuh--

DISWAY JOGJA - Memiliki riwayat sakit maag bukan berarti Anda tidak bisa menjalankan puasa secara maksimal. Caranya adalah dengan melakukan beberapa tips agar maag tidak kambuh lagi.

Ada beberapa hal yang meskipun dipertimbangkan untuk penderita sakit maag saat berpuasa di bulan suci Ramadhan agar lancar dan nyaman tanpa kambuhnya sakit maag, yuk simak kiatnya.

Berikut beberapa tips puasa bagi penderita maag untuk beribadah dengan lancar selama bulan puasa:

1. Persiapan Sebelum Puasa

Sebelum memulai puasa, buatlah persiapan dengan mengatur porsi, jadwal makan, dan jenis makanan yang baik untuk Anda. Catat makanan yang memicu kambuhnya maag dan konsultasikan ke dokter minimal satu minggu sebelum puasa.

2. Makan makanan Anda dengan bijak

Jangan lewatkan sahur. Konsumsilah makanan berkarbohidrat seperti nasi, pasta, atau roti untuk menyimpan energi saat berpuasa. Minumlah satu gelas susu untuk mencegah kambuhnya maag. Makan perlahan dan hindari tidur langsung setelah sahur.

3. Buka dengan hati-hati

Jangan makan berlebihan saat berbuka puasa. Pilih makanan berkarbohidrat dan minum teh hangat atau air putih dengan kurma. Hindari kafein, soda, jus buah asam tinggi, makanan pedas, dan gorengan.

4. Kelola Stres dan emosi

Menjaga keseimbangan antara kewajiban beragama dan kesehatan. Tetap tenang dan hindari stres yang dapat mempengaruhi kondisi maag. Latihan rutin. Jangan remehkan, olahraga bisa membantu mengendurkan otot dan melepaskan hormon yang bisa membuat Anda merasa lebih baik.

Hindari semua pemicu. Stres bisa membuat Anda lupa makan, atau bahkan makan berlebihan. Selain itu, mengurangi stres akan membuat Anda tidur lebih nyenyak. Lakukan teknik relaksasi. Anda bisa melakukan yoga, mendengarkan musik lembut, atau berlatih pernapasan untuk mengurangi stres.

Cobalah untuk menolak apa yang tidak Anda sukai.

Jadi, Anda tidak selalu mengikuti semua hal yang sebenarnya tidak sesuai dengan skala prioritas atau tujuan hidup Anda. Jangan membebani dirimu lebih dari itu, huh!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: