Bingung Mau Buka Puasa Di Bulan Ramadan Ini? Berikut Rekomendasi Menu Buka Puasa Yang sehat Dan Enak!

Bingung Mau Buka Puasa Di Bulan Ramadan Ini? Berikut Rekomendasi Menu Buka Puasa Yang sehat Dan Enak!

Menu Buka Puasa Sehat--iNews.id

DISWAY JOGJA  - Terkadang kita suka banget beli makanan yang enak untuk buka puasa, tapi ternyata tidak sehat. Namun di sini akan kita bahas apa saja sih menu buka puasa  yang sehat dan juga enak.

Sebenarnya banyak loh menu buka puasa  yang sehat, hanya saja terkadang kita tidak menyadarinya. Makanan yang sehat pun merupakan tips untuk kita agar selalu sehat di bulan Ramadhan.

Maka dari itu jangan bosan-bosan untuk menghidangkan menu buka puasa  yang sehat. Agar puasa kita lancar sampai selesai ya kita harus jaga pola makan kita.

 

Ini dia rekomendasi menu buka puasa yang sehat dan juga enak. Jangan lupa di simak ya!

1. Kurma

Menu buka puasa  ini sudah banyak di toko dan di pasar-pasar pada saat menjelang puasa Ramadhan. Bahkan untuk peminatnya pun sangat banyak.

Selain rasanya yang manis, kurma ini memiliki manfaat bagi tubuh kita. Manfaatnya yaitu mengembalikan energi setelah berpuasa, karena kurma mengandung nutrisi berupa karbohidrat.

Apakah hanya ini manfaatnya? Tentu saja tidak. Asal kamu tahu serat yang berada dalam kurma pun memiliki manfaat, yaitu mencegah untuk makan berlebihan.

Jadi, kalo buka puasa kamu hanya makan kurma, its okey. Karena serat dalam kurma membantu kamu untuk kenyang.

 BACA JUGA : Menu Buka Puasa Idola, Ini Enam Manfaat Lain Timun Suri

2. Mineral Udara

Selanjutnya adalah mineral udara. Kita sering banget mengabaikan air mineral pada saat berbuka puasa, yang sering kita minum tidak terlalu jauh pasti es atau teh manis.

Sebenarnya enggak apa-apa, hanya saja tetap untuk meminum air putih. Karena betapapun tubuh kita membutuhkan cairan yang menyehatkan.

Kalo es itu kan ada campurannya seperti es batu, atau mungkin jelly dan lainnya dan teh manis pun sama ada campurannya berupa gula dan teh. Sedangkan air mineral kan air putih biasa, tentu jangan dilewatkan.

Karena besoknya akan puasa maka disarankan untuk meminum air mineral yang cukup. Kamu bisa menggunakan metode 2-4-2, 2 gelas pada saat berbuka 4 gelas bisa pada saat setelah tarawih atau mau tidur dan 2 gelas pada saat sahur.

Tetap jaga kesehatan tubuh dengan meminum air putih yang cukup. Maka puasamu nanti akan lancar sampai finish.

 BACA JUGA : Mudah dan Butuh Waktu Cepat, 4 Resep Menu Makanan Buka Puasa

3. Buah-buahan

Kurma juga termasuk buah bukan sih? Iyups betul sekali. Namun, kali ini maksudnya dari buah-buahan itu seperti kolak pisang, salah buah, dan lainnya yang menyehatkan.

Ini juga bisa di makan setelah kita memakan kurma, karena kita disarankan dalam berbuka puasa itu harus makan makanan manis terlebih dahulu, baru yang lain. Maka dari itu buatlah makanan manis seperti kolak pisang, salah buah dan lainnya.

Menu ini tentu sehat, karena ada campuran hujannya, seperti pisang yang berada dalam kolak. Dan kolak pun tidak harus pisang, bisa singkong, ubi dan lainnya.

Kemudian setelah itu kamu nanti bisa makan nasi atau Menu lainnya hang telah kamu buat. Buah-buahan itu sehat, jadi jangan pernah ketinggalan dalam berbuka puasa nanti.


Buah-buahan--Jujur Dok 

4.Ikan

Menu yang terakhir adalah ikan. Siapa sih yang enggak suka ikan coba, ikan juga termasuk hal yang tidak boleh lewati karena memiliki protein.

Selain itu ikan juga mengandung vitamin B yang dapat mengembalikan energi setelah berpuasa. Ini sama saja manfaatnya seperti kurma, namun tetap makan ikan setidaknya seminggu sekali atau berapa untuk menjaga tubuh tetap sehat.

 

BACA JUGA : Sederhana Namun Lezat: Menu Buka Puasa yang Populer, Cocok untuk Bersama Keluarga

Demikian menu buka puasa  di bulan Ramadhan yang enak dan sehat. Tetap jaga tubuh kita agar puasanya lancar sampai idul fitri datang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: