Menu Buka Puasa Idola, Ini Enam Manfaat Lain Timun Suri

Menu Buka Puasa Idola, Ini Enam Manfaat Lain Timun Suri

SEMARANG (DiswayJateng) - Timun Suri, buah ini banyak ditemui saat memasuki bulan Ramadan. Biasanya, buah ini dijadikan bahan minuman segar untuk hidangan berbuka puasa.

Cara membuatnya cukup mudah, isi buah Timun Suri cukup dicampur dengan sirup atau susu kental manis kemudian bisa ditambahkan selasih atau agar-agar.

Minuman Timun Suri tak hanya enak tapi juga memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Mengutip Radar Banten, berikut sejumlah khasiat baik dari Timun Suri.

Timun Suri Bisa Lancarkan Pencernaan dan Mencegah Dehidrasi

Setelah seharian berpuasa, tentu banyak cairan yang hilang. Dengan meminum timun suri, maka cairan yang hilang tergantikan. Timun suri juga dapat membantu melancarkan pencernaan. Sehingga memudahkan buang air besar dan mengatasi sembelit.

Timun Suri Untuk Kesehatan Tulang

Timun suri ternyata mengandung kalsium dan fosfor. Yang dapat berfungsi membantu berlangsungnya proses normal dalam tubuh kita, terutama untuk pembentukan tulang.

Selain itu, kandungan vitamin K juga dapat meminimalisir terjadinya keretakan tulang.

Timun Suri Baik Untuk Diet

Timun suri mengandung kalori yang sangat rendah. Sehingga sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program diet. Tanpa takut menyebabkan berat badan naik

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan dengan kepadatan energi rendah dapat menyebabkan berat badan turun.

Timun Suri Menambah Daya Tahan Tubuh

Timun suri mengandung vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan. Bahan aktif yang terkandung di dalamnya memberi manfaat perlindungan yang melimpah.

Antioksidan yang terkandung pada jenis vitamin ini dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.

Timun Suri untuk Melawan Kanker

Timun suri kaya akan vitamin A, sehingga efektif melawan kanker. Buah ini ternyata juga mengandung senjawa saponin. Senyawa saponin diketahui sangat ampuh menghambat pertumbuhan kanker dan juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Timun Suri Mampu Mengeluarkan Racun

Timun suri terdiri dari 90% air. Selain itu timun suri banyak mengandung vitamin juga mineral yang mampu mengikat racun. Dengan rutin mengkonsumsi buah timun suri, anda akan merasakan efek ureticnya yakni pembuangan racun melalui urin. Dengan demikian, tubuh anda akan dinetralkan atau dengan kata lain didetoksifikasi dari racun yang bisa merusak tubuh.(Disway.Id)

Editor: Ismail F

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: