Ingin Puasa Ramadhan Sempurna? Yuk Simak 5 Amalan yang Membatalkan Ibadah Puasa, Wajib di Hindari

Ingin Puasa Ramadhan Sempurna? Yuk Simak 5 Amalan yang Membatalkan Ibadah Puasa, Wajib di Hindari

Amalan yang Membatalkan Ibadah Puasa--

Namun ketika melakukan hal hal tersebut tanpa disengaja, maka puasanya tidak batal. Oleh karenanya untuk selalu menjaga hal hal tersebut.

3. Muntah dengan Sengaja

Muntah dengan sengaja merupakan amalan yang membatalkan ibadah puasa. Namun ketika tidak disengaja maka tidak membatalkan puasa.

Kita tidak boleh menjadikan diri kita mengeluarkan sesuatu dari dalam tubuh melalui mulut. Terlebih saat berpuasa di bulan Ramadhan.

BACA JUGA : 10+ Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Kuliner Khas Bali yang Halal dikonsumsi? Rasanya Terlezat bikin nagih!

4. Keluarnya Air Mani

Air mani atau sperma yang keluar dengan disengaja dapat membatalkan puasa. Kondisi ini biasanya terjadi dikarenakan onani atau sentuhan dengan lawan jenis yang membuat nafsu meningkat.

Perkara keluarnya air mani menjadi puasa menjadi batal. Namun berbeda ketika hal itu tidak disengaja, seperti mimpi basah, maka puasa tidak batal.

5. Berhubungan Suami Istri di Siang Hari

Perkara selanjutnya yang membatalkan puasa adalah berhubungan suami istri. Namun hal yang membatalkan puasa ketika siang hari.

Seorang suami istri boleh melakukan hubungan suami istri ketika di bulan Romadhan. Namun hanya pada saat malam hari, tidak pada siang hari.

BACA JUGA : Cobain Kuy! Kuliner Khas Wisata Terbaru 2024 Kota Tembakau, Dijamin Lezat? Yuk Simak Ulasannya

Bukan hanya puasanya saja yang batal. Namun bagi yang melaksanakan hubungan suami istri saat siang hari, akan dikenakan kafarat atau denda.

Kafarat atau denda yang dibayarkan tidak main main. Seseorang yang melakukan hubungan suami istri pada siang hari, harus membayarkan kafarat yaitu berpuasa selama 2 bulan penuh.

Atau bisa digantikan dengan memberi makan fakir miskin sebesar satu mud atau 7 ons beras. Terlebih memberi makan kepada 60 fakir miskin. Demikian hal hal yang membatalkan puasa. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: