Mengulik Makna dari Seserahan Pernikahan! Simbol Cinta dan Kesetiaan Sebuah Pasangan

Mengulik Makna dari Seserahan Pernikahan! Simbol Cinta dan Kesetiaan Sebuah Pasangan

Mengulik Makna dari Seserahan Pernikahan! Simbol Cinta dan Kesetiaan Sebuah Pasangan--

2. Adat Sunda

Dalam adat Sunda, seserahan disebut dengan “serah-serahan”. Biasanya seserahan dalam adat sunda terdiri dari berbagai jenis barang seperti perlengkapan pernikahan, perlengkapan keagamaan, dan uang mahar.

BACA JUGA : Yuk Kenali Keindahan Tradisi Seserahan Pernikahan Dalam Berbagai Budaya Indonesia

3. Adat Batak

Seserahan dalam adat Batak disebut “Tuhor”. Tuhor biasanya terdiri dari berbagai jenis barang seperti perlengkapan pernikahan, perlengkapan keagamaan, uang mahar, dan hewan ternak.

Tradisi pemberian kado pernikahan merupakan bagian kekayaan budaya Indonesia yang perlu dilindungi. Tradisi ini merupakan simbol cinta, kesetiaan dan komitmen untuk membangun rumah tangga yang bahagia dan harmonis.

4. Arti Lamaran Pernikahan

Seserahan pernikahan bukan hanya sekedar hadiah yang di berikan oleh mempelai pria, namun memiliki makna yang lebih dalam. Tradisi ini melambangkan keseriusan mempelai pria dalam merintis hubungan dan membangun rumah tangga bersama.

Pengorbanan juga merupakan simbol cinta dan kesetiaan, serta komitmen untuk saling peduli dan membahagiakan satu sama lain.

5. Jenis Hadiah Pernikahan

Jenis bingkisan pernikahan dapat berbeda-beda tergantung adat istiadat dan kebudayaan yang berlaku di daerah setempat. Berikut adalah beberapa contoh jenis penawaran yang umum:

1. Perlengkapan Pernikahan seperti baju pengantin, mahar, cincin kawin dan perhiasan.

2. Perlengkapan ibadah seperti Alquran, sajadah dan mukena.Peralatan rumah tangga: seperti elektronik, furnitur dan peralatan dapur.

3. Makanan seperti kue pengantin, buah-buahan dan makanan tradisional.

4. Simbolik seperti bunga, roti buaya dan uang mahar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: