Tabungan Bebas Biaya Admin? Simak Rekomendasi dan Sistem Menabung di Bank Syariah Terbaik di Indonesia!

Tabungan Bebas Biaya Admin? Simak Rekomendasi dan Sistem Menabung di Bank Syariah Terbaik di Indonesia!

Simak Rekomendasi dan Sistem Menabung di Bank Syariah Terbaik di Indonesia-Prostock-Studio-iStockphoto

DISWAY JOGJA - Bank Syariah menjadi bank yang banyak diminati oleh masyarakat, khususnya yang beragama islam. Sehingga banyak orang yang mencari rekomendasi menabung di bank syariah.

Beberapa rekomendasi menabung di bank syariah menerapkan prinsip bebas riba dan sistem hasil sesuai dengan syariat islam.

Lalu apa saja rekomendasi menabung di bank syariah terbaik yang ada di Indonesia? Simak ulasannya di bawah ini.

Berikut ini beberapa rekomendasi menabung di bank syariah terbaik di Indonesia yang bisa dijadikan referensi untuk menabung.

BACA JUGA : Mau Tahu Rahasia di Balik Kekayaan Para Milyuner? Ternyata Mereka Menabung di Bank!

1. Bank Syariah Mandiri (BSM)

Rekomendasi menabung di bank syariah terbaik yang pertama adalah Bank Syariah Mandiri. Bukan hanya memiliki banyak cabang konvensional saja, Bank Mandiri juga memiliki banyak cabang bank syariah.

Bank Syariah Mandiri sendiri sudah beroperasi sejak tahun 1999 yang lalu dan sudah memberikan berbagai layanan yang memiliki keunggulan dari bank lain.

Tak heran jika Bank Syariah Mandiri pernah dinobatkan sebagai mitra distribusi SBSN Ritel Terbaik pada tahun 2019, karena pelayanannya yang tak kalah lengkap.

Bank Syariah Mandiri telah memiliki sebanyak 738 kantor dan lebih dari 196.000 akses jaringan ATM di seluruh Indonesia.

2. Bank Muamalat Indonesia

Bank Muamalat Indonesia merupakan lembaga keuangan syariah pertama yang ada di Indonesia dengan status bank syariah murni, pasalnya tidak memiliki cabang bank konvensional.

Bank Muamalat sejak berdiri pertama kali pada tahun 1991 dan mulai beroperasi di tahun 1992 sampai saat ini langsung mengusung konsep murni syariah.

Bank syariah ini juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai Bank Syariah Terbaik versi Global Finance selama bertahun-tahun, yaitu pada tahun 2009, 2010, 2011, 2012, 2013, 2014, 2017, dan 2018.

3. Bank Syariah Bukopin

Rekomendasi menabung di bank syariah terbaik selanjutnya adalah Bank Syariah Bukopin. Produk tabungan ini menggunakan sistem akad wadiah yad dhamanah.

Dengan maksud, bank tersebut dapat memanfaatkan dana dan menyalurkan dana yang disimpan, serta menjamin dana tersebut dapat ditarik setiap saat oleh nasabah.

BACA JUGA : Biaya Administrasi Termurah? Ini Daftar Rekomendasi Menabung di Bank Paling Terjangkau!

4. Bank Mega Syariah

Bank Mega Syariah berdiri pada tahun 2004. Untuk kamu yang mencari rekomendasi menabung di bank syariah terbaik di Indonesia kamu bisa memilih bank ini untuk menabung.

Pasalnya, sejak tahun 2009 Bank Mega Syariah ini telah mendapatkan izin dari Kementrian Agama sebagai Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPS BPIH).

Dengan produk unggulan tabungan haji tersebut, Bank Mega Syariah telah berhasil banyak menarik minat nasabah.

5. Bank BRI Syariah (BRIS)

Berdiri sejak tahun 1969, Bank BRI Syariah ini awalnya merupakan Bank Jasa Arta. Namun, pada tahun 2008, BRI mengambil alih Bank Jasa Arta dan mengubahnya menjadi Bank BRI Syariah.

Tak hanya itu, fasilitas pelayanan yang ditawarkan oleh Bank BRI Syariah ini tak kalah dari bank syariah lain, yaitu mulai dari jaringan ATM yang tersedia di mana-mana hingga layanan perbankan lainnya.

Sistem Tabungan Syariah

Jika tabungan konvensional biasa menggunakan suku bunga dan bisa memperoleh keuntungan, tapi tidak dengan tabungan syariah.

Tabungan syariah akan menggunakan sistem bagi hasil atau nisbah melalui akad mudharabah. Pasalnya, konsep syariah menerapkan sistem bagi hasil yaitu berdasarkan pedoman rasio untung rugi.

BACA JUGA : Ingin Menabung Hemat? Inilah 5 Rekomendasi Menabung di Bank dengan Biaya Admin Rendah, Cocok Untuk Mahasiswa!

Jika ada salah satu pihak yang merasa rugi akan ditanggung oleh pihak bank dan nasabah. Karena sistem bagi hasil akan menghasilkan laba yang disesuaikan dengan pendapatan.

Apabila pendapatanya meningkat maka labanya pun akan ikut meningkat. Kini tabungan syariah terbaik sudah bisa ditemukan dengan mudah.

Nah, itulah beberapa rekomendasi menabung di Bank Syariah terbaik di Indonesia yang bisa jadi pilihan kamu untuk menabung. Yuk, segera menabung!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: