Bukan Hanya Sebagai Makanan Pokok, Inilah Manfaat dan Cara Memutihkan Kulit Wajah dengan Beras, Simak!

Bukan Hanya Sebagai Makanan Pokok, Inilah Manfaat dan Cara Memutihkan Kulit Wajah dengan Beras, Simak!

Inilah Manfaat dan Cara Memutihkan Kulit Wajah dengan Beras-Image Party-pixabay

DISWAY JOGJA - Beberapa produk kecantikan banyak yang menawarkan khasiatnya untuk memutihkan kulit wajah. Mulai dari serum, moisturizer, sabun cuci muka, sunscreen, dan masih banyak lagi.

Selain menggunakan produk kecantikan tersebut, ternyata ada cara alami untuk memutihkan kulit wajah. Salah satunya yaitu dengan beras.

Selain sebagai makanan pokok, beras juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Khususnya untuk memutihkan kulit wajah.

Apa saja sih manfaat beras untuk kecantikan kulit? Simak ulansannya di bawah ini mengenai manfaat beras untuk memutihkan kulit wajah yang perlu kamu ketahui.

BACA JUGA : 10 Rahasia Kulit Putih Ala Korea yang Jarang Diketahui Orang, Penasaran? Ini Dia Solusi Memutihkan Kulitmu

Manfaat Beras

Beras mengandung enzim yang bisa untuk pencerah kulit secara alami. Bahkan, enzim tersebut sering digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan brand asal Jepang dan Korea untuk memutihkan kulit wajah.

Selain untuk mencerahkan wajah, manfaat lainnya juga dapat mengurangi garis kerutan pada wajah, tanda penuaan kulit, dan bintik-bintik hitam di wajah.

Air beras juga terdapat kandungan antioksidan yang bisa menghambat kerusakan elastin di kulit yang menjadi penyebab penuaan dini.

Kandungan lainnya seperti vitamin B kompleks, vitamin E, dan asam amino juga dapat menjaga kelembaban kulit wajah, sehingga membuat kulit wajah terasa lebih halus.

Nah, bukan hanya itu beberapa manfaat lain dari air beras yaitu mengurangi kemerahan, menenangkan kerusakan kulit aibat sinar matahari, mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit, serta mencegah produksi minyak di wajah.

Nah, dibawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu pilih untuk memutihkan kulit wajah dengan beras. Simak yuk!

BACA JUGA : Wajib Coba, Berikut 5 Kombinasi Terbaik Kandungan Skincare untuk Berbagai Masalah Kulit

1. Mencuci wajah dengan air rendaman beras

Jika kamu rutin membasuh muka dengan air beras, maka bisa membuat kulit lebih cerah, dan menenangkan, bahkan bisa memperbaiki kulit wajah kamu yang rusak. Bagaimana caranya?

Pertama, rendam beras dengan air bersih selama kurang lebih 30 menit, lanjut di saring. Jangan lupa juga ketika menyaring sambil di tekan-tekan, karena hal itu bisa membuat ekstrak di dalam beras semakin keluar.

Setelah itu, masukan air beras ke dalam kulkas supaya dingin. Sebelum kamu menggunakan ke area wajah, campurkan terlebih dahulu dengan air bersih.

2. Membuat srub wajah dengan tepung beras

Cara memutihkan kulit wajah dengan beras selanjutnya yaitu membuat scrub wajah dari tepung beras. Tepung beras merupakan salah satu bahan alami yang khasiatnya bagus untuk membersihkan dan mengangkat sel kulit mati dan memperhalus tekstur kulit.

Untuk caranya, kamu hanya perlu mencampurkan 2-3 sendok the tepung beras, 3 sendok makan minyak zaitun, dan ½ cangkir susu.

Setelah semua bahan tercampur merata, oleskan scrub tepung beras ke wajah dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Kemudian, gosok wajah dengan perlahan, terakhir bilas dengan air bersih yang hangat.

3. Mencuci wajah dengan air rebusan beras

Untuk mendapatkan air beras hasil rebusan sama seperti kamu sedang memasak nasi seperti biasa. Tetapi air rebusan tersebut yang tersisa bisa di pindahkan ke wadah atau botol semprotan.

Namun, jangan langsung di semprotkan ke wajah karena masih dalam keadaan panas. Caranya dinginkan terlebih dahulu dalam suhu ruangan, kemudian baru disimpan di dalam kulkas.

Untuk cara penggunaanya sama seperti air beras hasil rendaman. Tinggal semprotkan ke area wajah dan diamkan selama 30 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

BACA JUGA : Kulit Putih Impian? Yuk Ikuti Cara Memutihkan Kulit dengan Putih Telur, Simak Ulasan Lengkapnya Disini!

Itulah beberapa cara untuk memutihkan kulit wajah dengan beras yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Jangan lupa lakukan cara ini secara rutin jika kamu ingin hasilnya lebih baik. Selamat mencoba!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: