Wisata Terbaru 2024 Candi Borobudur? Aktivitas Seru, Dari Berburu Pengalaman dan Sejarah Dikemas Jadi Liburan

Wisata Terbaru 2024 Candi Borobudur? Aktivitas Seru, Dari Berburu Pengalaman dan Sejarah Dikemas Jadi Liburan

Wisata terbaru 2024 Candi Borobudur--google

DISWAY JOGJA - Siapa yang tidak mengenal Candi Borobudur? Berdiri kokoh dan megah di tanah Jawa Tengah. Sebagai candi Buddha terbesar di dunia, Candi Borobudur menjadi salah satu destinasi wisata terbaru 2024 yang menyimpan pesona luar biasa.

Saat kamu memasuki tempat wisata terbaru 2024 ini, seakan waktu berjalan dengan lambat, dan memberi kesempatan untuk merasakan sejarah yang berharga. Tidak hanya menyimpan sejarah, Candi Borobudur juga menyuguhkan pesona yang menarik untuk dijelajah.

Bahkan jumlah wisatawan yang mengunjungi wisata terbaru 2024 Candi Borobudur per tahunnya mencapai empat juta orang, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Candi Borobudur adalah warisan budaya yang berharga di Indonesia yang tak ternilai.

Sekilas Tentang Wisata terbaru 2024 Candi Borobudur

Candi yang terletak di Magelang ini ditemukan oleh pasukan Inggris pada tahun 1814. Di bawah pimpinan Sir Thomas Stamford Raffles, area candi ini dibersihkan oleh pasukan Inggris lainnya, dan pada tahun 1835 baru selesai pembersihan area candi.

BACA JUGA : Mengungkap 7 Keajaiban Dunia Candi Borobudur? Wisata Terbaru 2024, Liburan Estetik Sambi Wisata sambil Belajar

Candi Borobudur ini termasuk dalam warisan budaya UNESCO, yang artinya peninggalan sejarah yang wajib dilindungi. Candi ini menjadi peninggalan Buddha terbesar di dunia yang dibangun oleh Dinasti Sailendra yang sedang berkuasa saat itu pada tahun 780-840 Masehi, yang bertujuan sebagai tempat ziarah.

Bangunan candi berdasarkan arsitektut Mandala, dalam kepercayaan Buddha melambangkan alam semesta. Dengan desainnya yang berbentuk kotak, terdiri dari 4 pintu masuk dan lingkaran sebagai titik pusat, candi ini juga terbagi 2 bagian yaitu alam dunia dan alam nirwana.

Candi Borobudur terbagi menjadi tiga zona yang memiliki simbol berbeda, yaitu Zona Kamadhatu melambangkan sifat manusia, Zona Rupadhatu menggambarkan alam peralihan yang artinya manusia yang sudah dibebaskan dari urusan dunia. Dan Zona Arupadhatu artinya alam tertinggi, yaitu rumah Tuhan.

Hal menarik yang jarang diketahui wisatawan bahwa relief pada candi merupakan rangkaian cerita epik. Dengan latar belakang sejarah yang luar biasa, tak heran jika Candi Borobudur sempat masuk kedalam tujuh keajaiban dunia.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Candi Borobudur

1. Menjelajahi seluruh area candi

BACA JUGA : Ini Dia Sejarah Candi Borobudur sebagai Permata Warisan Budaya Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: