48 Rumah Terdampak Bencana Tanah Bergerak di Sirampog Brebes, 4 Rusak Parah

48 Rumah Terdampak Bencana Tanah Bergerak di Sirampog Brebes, 4 Rusak Parah

MENUNJUKKAN - Satgas Pos Bumiayu BPBD Brebes menunjukkan kerusakan rumah yang terdampak tanah bergerak di Desa Sridadi, Kecamatan Sirampog. -DOK.-

BREBES, DISWAYJOGJA - Sebanyak 48 bangunan di Dukuh Limbangan, Desa Sridadi, Kecamatan Sirampog rusak akibat bencana tanah bergerak. Empat rumah di antaranya mengalami rusak berat akibat bencana yang terjadi pada, Selasa, 20 Februari 2024 lalu.

Koordinator Satgas Pos Bumiayu BPBD Brebes Budi Sujatmiko mengatakan, sebelum bencana tersebut, wilayah Kecamatan Sirampog diguyur hujan intensitas sedang hingga tinggi. Selang beberapa waktu kemudian, musibah tanah bergerak terjadi di desa tersebut.

BACA JUGA:Desa Kaligayam dan Prupuk Utara Margasari Tegal Kembali Kebanjiran

"Akibat bencana tanah bergerak ini, kondisi beberapa rumah sudah sangat tidak layak dan membahayakan bagi penghuni rumah maupun warga sekitar," katanya, Minggu, 25 Februari 2024.

Dia menjelaskan, bangunan yang terdampak ini merupakan bangunan permanen dan semi permanen. Ada 48 bangunan yang terdampak. Rinciannya, empat rumah rusak berat, 23 rusak sedang dan 21 rumah rusak ringan.

"Untuk korban tanah bergerak merupakan warga relokasi pada 2015 lalu. Di mana sekarang lokasinya kembali mengalami pergerakan tanah," jelasnya.

BACA JUGA:2 Desa di Suradadi Kabupaten Tegal Diterjang Puting Beliung, 88 Rumah Rusak

Dalam kejadian tersebut , delapan jiwa sempat mengungsi. Namun, dirinya menegaskan tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut. "Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut . Tapi memang ada yang sempat mengungsi," terangnya.

Dalam menangani musibah tersebut, pihaknya melakukan assesment terkait kronologi dan dampak kejadian. Serta melakukan sosialisai kewarga terdampak untuk segera mengungsi melihat kondisi rumah yang sudah sangat membahayakan.

BACA JUGA:Tebing Sungai Pedes di Brebes Longsor, 3 Rumah Rusak, 4 Kondisi Mengkhawatirkan

"Kami mengimbau kepada warga untuk selalu berhati-hati dan waspada dalam beraktifitas baik di dalam maupun luar ruangan. Mengingat sekarang cuaca tidak menentu dan terkadang cukup ekstrim," pungkasnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: