2 Desa di Suradadi Kabupaten Tegal Diterjang Puting Beliung, 88 Rumah Rusak

2 Desa di Suradadi Kabupaten Tegal Diterjang Puting Beliung, 88 Rumah Rusak

Sejumlah rumah di dua desa di Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal rusak setelah diterjang angin puting beliung, Selasa, 6 Februari 2024 sore.-YERI NOVELI/RADAR SLAWI -

SURADADI, DISAYJOGJA - 2 desa di Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal diterjang angin puting beliung, Selasa, 6 Februari 2024 sore. Kedua desa itu yakni, Desa Bojongsana dan Desa Kertasari. Meski tidak ada korban jiwa, namun puluhan rumah di dua desa tersebut mengalami kerusakan ringan hingga berat.

Kepala Desa Bojongsana Sukarto menuturkan, angin puting beliung terjadi pada pukul 16.00 WIB. Kala itu, di desanya belum diguyur hujan. Namun tiba-tiba, angin datang dari arah selatan dengan kekuatan tinggi dan langsung memporakporandakan rumah penduduk di wilayah RT 13 dan RT 14/RW 05.

”Jumlah rumah yang rusak sebanyak 18 rumah. Ada yang rusak ringan, ada pula yang rusak berat,” kata Sukarto, saat dihubungi, Selasa, 6 Februari 2024 malam.

BACA JUGA:Kabupaten Tegal Diterjang Puting Beliung, 2 Rumah di Desa Danasari Rusak

Hasil dari pendataannya, 18 rumah itu milik H AguserI, Tajudin, Masniah, Maslah, Suswanto, Edi Prayitno, Dasuri, Arfatun, Faozan, Sakhuri, Sulufi Amin, Badrus Zaman, Miftakhudin, Surip, Rosidah, Alfiah, Moh. Sulton dan Khoerul Basor.

Dari jumlah tersebut, lanjut Sukarto, mayoritas kerusakan rumah yakni pada atapnya. Sedangkan yang dindingnya jebol, hanya 1 rumah. Walau demikian, keluarga terdampak tidak ada yang mengungsi. Mereka saat ini sedang membersihkan reruntuhan material di lingkungan rumahnya bersama warga setempat.

Sukarto berharap, seluruh keluarga terdampak mendapat bantuan dari pemerintah daerah berupa material bangunan.

BACA JUGA:6 Desa di Kabupaten Tegal Diterjang Puting Beliung, Polres Tegal dan BPBD Bergerak Cepat

”Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Hanya saja, mereka saat ini membutuhkan bantuan material untuk memperbaiki rumahnya," kata Sukarto.

Terpisah, Kepala Desa Kertasari Dedi menuturkan hal senada. Menurut dia, bencana angin puting beliung terjadi pada pukul 16.00 WIB.

Akibat bencana itu, sekitar 70 rumah di desanya rusak ringan hingga berat. Bahkan, tempat ibadah masjid juga rusak. Termasuk juga tempat pemakaman umum (TPU) Desa Kertasari.

Kerusakan mayoritas pada atap yang terbang. Ada juga beberapa rumah yang tertimpa pohon tumbang. Jumlahnya kurang lebih 10 rumah.

70 rumah yang rusak itu, lanjut Dedi, berlokasi di wilayah RW 1, 2, 3, 4, 5 dan 6. Beruntung, dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa maupun luka.

BACA JUGA:Hujan Disertai Angin Kencang di Brebes Rusak Puluhan Rumah

Dedi berharap, warga terdampak angin puting beliung itu mendapat bantuan dari pemerintah daerah. Karena saat ini, rumah mereka dalam kondisi yang sangat memprihatinkan. "Semoga mereka mendapat bantuan berupa material bangunan,” ucapnya.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal Iman Sisworo melalui Kepala Markas PMI Sunarto saat dikonfirmasi ihwal bencana tersebut, pihaknya membenarkan.  

Saat ini, tim relawan dari PMI dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal sedang mengevakuasi para keluarga terdampak. Termasuk dari anggota Koramil dan Polsek Suradadi serta perangkat desa juga ada di lokasi.

”Untuk jumlah rumah yang rusak, sedang kami data. Tim kami sedang melakukan asesment,” tukasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: