Beragam Wisata Terbaru 2024 di Magelang? Liburan Seru Sambil Belajar Sejarah, Simak Ulasan Ini Sebelum Kesana!

Beragam Wisata Terbaru 2024 di Magelang? Liburan Seru Sambil Belajar Sejarah, Simak Ulasan Ini Sebelum Kesana!

wisata bersejarah di Magelang Jawa Tengah--

DISWAY JOGJA- Magelang merupakan suatu daerah yang terletak di Jawa Tengah. Terkenal dengan keasriannya serta beragam tempat wisata terbaru 2024 bersejarah.

Contoh wisata bersejarah di Magelang seperti Candi Borobudur yang memiliki kisah sejarah yang sangat melegenda. Sehingga selain liburan Anda juga dapat memperoleh wawasan baru.

Wisata terbaru 2024 di Magelang, sangat cocok saat hari libur tiba ataupun saat akhir pekan bersama keluarga dan orang terdekat.

Artikel ini akan membahas terkait wisata terbaru 2024 di Magelang Jawa Tengah yang penuh cerita sejarah. Simak hingga akhir ya.

BACA JUGA : 5 Rekomendasi Penginapan Wisata Terbaru 2024 Bromo? Cocok Untuk Backpackeran, Simak Ulasannya Disini!

Adapun beberapa tempat wisata bersejarah yang bisa Anda kunjungi di Magelang diantaranya:

1. Candi Borobudur

Wisata bersejarah di Magelang yang pertama yaitu Candi Borobudur. Candi Borobudur adalah tempat wisata Magelang yang wajib untuk dikunjungi. Candi yang dibangun di sekitar abad ke-8 dan ke-9 ini punya 2,672 panel relief dan 504 archa yang bisa Anda lihat di setiap dinding candi.

Anda harus anak tangga sampai ke puncak untuk melihat stupa yang besar dan berada tepat di tengah candi serta dikelilingi dengan 72 stupa lainnya yang ukurannya lebih kecil.

Tempat wisata terbaru 2024 Magelang yang ini sudah resmi dinobatkan sebagai warisan budaya UNESCO. Di kawasan candi juga Anda bisa mengunjungi 3 museum yaitu Museum Borobudur, Museum Kapal Samudraraksa, dan Museum MURI.

Kawasan Candi Borobudur ini dibuka untuk umum mulai dari jam 07.00-17.00 WIB. Mengutip dari laman resmi Borobudur, dengan harga tiket masuk sekitar Rp 25.000-Rp 50.000 tergantung usia.

2. Desa Wisata Candirejo

Wisata Desa Candirejo ini merupakan jenis wisata yang menawarkan banyak pengalaman di dalam satu tempat. Lokasinya berada di Kecamatan Borobudur, Magelang dan tepatnya di daerah lereng gunung.

Di sana Anda akan disuguhkan dengan banyak pemandangan perbukitan indah. Apalagi di bagian selatan desa ada hamparan hijau dengan panorama alam indah yang sangat terkenal yaitu Perbukitan Menoreh.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati pengalaman wisata terbaru 2024 kuliner dengan hidangan khas Desa Wisata Candirejo. Salah satunya adalah mangut beong yang adalah olahan ikan beong dari Sungai Progo dengan bumbu rempah kuning yang gurih dan nikmat. Ada punya camilan khas desa ini lainnya yaitu pisang, combro dan keripik tempe.

Tidak hanya itu, bagi Anda yang menyukai petualangan, wajib mencoba wahana offroad di Desa Wisata Candirejo, yang kaan melewati jalur perbukitan Menoreh, menyebrangi Kali Progo, hingga akhirnya sampai di Watu Kendil.

Ditambah lagi Anda dapat menikmati pengalaman menangkap ikan di sungai dengan cara tradisional. Alat tangkap ikan khas desa ini namanya bronjong. Lokasi menangkap ikan ini di sungai, tentu hal yang jarang akan Anda dapatkan di kota.

Sebelum meninggalkan Desa Wisata Candirejo, jangan sampai melewatkan untuk membeli sambil menyaksikan langsung proses pembuatan karya khas warga setempat yang handal dalam melakukan pahat batu. Dengan membayar tiket masuk sekitar Rp 20.000 yang berlaku untuk satu hari, Anda sudah bisa menikmati potensi wisata desa Candirejo ini.

BACA JUGA : 20 Destinasi Wisata Terbaru 2024 Jateng? View Mempesona, Wajib Dikunjungi : Petualangan Menantimu, Buktikan!

3. Candi Mendut

Wisata terbaru 2024 Magelang lainnya yang masih dalam seputaran candi adalah candi Mendut. Candi yang dibangun pada sekitar abad ke-9 ini setingga 26,4 meter. Selain menjadi pusat praktik dan ritual agama Buddha, tempat ini juga diyakini oleh penganut Kejawen Jawa sebagai tempat meditasi.

Untuk menikmati area Candi Mendut, Anda bisa berkunjung dari jam 07.00-19.00 WIB dengan membayar tiket masuk sekitar Rp 10.000 per orangnya.

4. Enam Langit by Plataran

Tempat wisata ini sedang hype di kalangan wisatawan loh. Lokasinya berada di lingkungan hijau perbukitan Menoreh yang memberikan panorama yang menakjubkan dari enam gunung di pulau Jawa.

Enam Langit by Plataran ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk pertemuan, piknik, makan siang, menikmati sunrise atau sunset, tempat untuk meditasi, yoga, outbound dan juga fotografi.

Destinasi wisata Magelang incaran banyak wisatawan ini berlokasi di desa Candirejo, Kecamatan Borobudur yang bisa diakses dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi. Enam Langit by Plataran bisa Anda kunjungi dari jam 07.00 -17.00 WIB. Dengan harga tiket masuk sekitar Rp 175.000 - Rp 1.800.000 tergantung dari jenis paket yang dipilih.

5. Punthuk Setumbu

Wisata di Magelang satu ini sangat cocok untuk Anda yang menukai wisata alam. Untuk mencapai area ini, Anda harus trekking selama 15 menit hingga mencapai puncaknya.

Lokasinya berada di kawasan Desa Karangrejo dan sering kali jadi spot wisatawan untuk menikmati matahari terbit di pagi hari. Dari puncaknya, Anda akan bisa menikmati panorama Candi Borobudur dari kejauhan sambil menikmati udara pagi yang sangat sejuk dan segar.

Tempat wisata ini beroperasi dari setiap hari dari jam 04.00-17.00 WIB. Namun, waktu terbaik untuk mengunjungi Punthuk Setumbu yaitu sebelum matahari terbit. Dengan harga sekitar Rp 20.000 per orangnya, Anda bisa menyaksikan indahnya pemandangan matahari terbit di wilayah Magelang.

BACA JUGA : Info Liburan di Batu Malang? Wisata Terbaru 2024 Hits dan Populer, Berikut Rekomendasinya!

6. Svargabumi

Wisata terbaru 2024 Svargabumi berada di daerah Dusun Ngaran dan Gopalan, Desa Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Ini adalah sebuah area persawahan yang letaknya tidak jauh dari Candi Borobudur.

Svargabumi sering kali disamakan dengan wilayah Ubud, Bali. Anda akan menemukan banyak spot foto yang sangat indah ditemani udara yang sejuk dan menyegarkan.

Selain itu Anda bisa menikmati wahana ayunan ranjang atau floating breakfast di kolam renang. Buka dari jam 08.00-17.00 WIB, Svargabumi mematok harga tiket masuk sekitar Rp 15.000 sampai dengan Rp 30.000 yang bisa berubah sewaktu-waktu.

7. Silancur Highland

Wisata di magelang yang tidak boleh terlewatkan yaitu Silancur Highland. Berada di ketinggian 1,300 mdpl dan punya panorama alam yang sangat indah dan menakjubkan. Dari sini, Anda bisa menikmati juga pemandangan Gunung Sumbing dan deretan Gunung Merapi.

Wisata terbaru 2024 Silancur Highland terletak di Dusun Dadapan, Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik yang berjarak sekitar 15 km dari pusat Kota Magelang yang bisa diakses dengan mudah menggunakan mobil.

Untuk merasakan sejuknya udara khas pegunungan, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 10.000 - Rp 20.000 per orangnya. Silancur Highland buka 24 jam, sehingga Anda tidak perlu khawatir datang terlalu malam.

8. Nepal Van Java

Wisata populer di Magelang ini sebenarnya adalah dusun wisata di wilayah Dusun Butuh. Jangan lupa dokumentasikan momen Anda berlibur di Nepal Van Java ini ya!

Wisata Nepal Van Java ini letaknya berada di Lereng Gunung Sumbing, sehingga jangan heran jika akses menuju ke sana akan banyak melewati tanjakan. Pastikan kendaraan yang Anda tumpangi kuat digunakan untuk menanjak.

Untuk bisa berfoto dengan pemandangan Gunung Sumbing dan perumahan yang menyerupai perumahan di sekitar Gunung Everest, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk sekitar Rp 8.000 dengan biaya parkir motor sekitar Rp 3.000 dan Rp 10.000 untuk parkir mobil.

Itulah beberapa wisata terbaru 2024 di Magelang yang beberapa tempatnya memiliki Sejarah yang sangat kental. Semoga bermanfaat. (*).

BACA JUGA : Kaum Senja Wajib ke Jakarta? Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Gratis, Pemandangannya Estetik!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: