Tertarik Mengeksplore Wisata Terbaru 2024 Kota Semarang?? Bersejarah, Nomor 2 Wajib Untuk Dikunjungi!

Tertarik Mengeksplore Wisata Terbaru 2024 Kota Semarang?? Bersejarah, Nomor 2 Wajib Untuk Dikunjungi!

Wisata Bersejarah di Kota Semarang-Mbak Erna-pinterest

2. Lawang Sewu

Lawang Sewu, dalam bahasa jawa berarti “Seribu Pintu”, adalah tempat wisata bersejarah yang paling terkenal di Kota Semarang dan banyak diminati oleh masyarakat.

Dibangun sejak 1904 oleh pemerintah Hindia Belanda, bangunan ini awalnya digunakan sebagai kantor administrasi perusahaan kereta api Hindia Belanda. 

Desain Lawang Sewu sendiri dibuat oleh arsitek Amsterdam yakni B.L. Quendag dan Prof. Jacob. F. Klinhamer. Jika dilihat dari atas, maka bangunan ini dibuat menyerupai huruf L.

Bangunan lawang sewu ini memiliki arsitektur yang menawan. Disetiap bangunan dilengkapi dengan pintu dan jendela besar yang terbuka lebar yang memberikan kesan monumental.

Di dalam bangunan utama, terdapat berbagai ornamen seperti kaca patri yang didatangkan dari luar negri. Bagian atap kubah menara ini juga diberikan hiasan dari perunggu yang juga dilapisi tembaga.

Terdapat ruang bawah tanah untuk menampung air agar gedung tetap dingin di cuaca panas. Dulu, ruang bawah tanah ini sempat menjadi tempat penjara dan tempat pembantaian tawanan oleh tentara Jepang.

BACA JUGA : Info Penting!! 5 Tempat Wisata Terbaru 2024 di Semarang yang Viral Banget, Dijamin Seru dan Hits Abis Deh!

Selama masa pendudukan Jepang dan perang kemerdekaan Indonesia, Lawang Sewu menjadi saksi bisu dari berbagai peristiwa penting. Karena itu Lawang Sewu ini sangat menarik untuk dikunjungi sebagai wisata terbaru 2024 yang bersejarah.

3. Museum Kereta Api Ambarawa

Terletak di Ambarawa, Jawa Tengah. Dulunya tempat wisata bersejarah di Kota Semarang ini adalah stasiun kereta api yang sudah dialih fungsikan menjadi sebuah museum perkereta apian. 

Museum Kereta Api Ambarawa ini menyimpan banyak sekali lokomotif kereta api tua yang sangat terkenal pada masanya. Terdapat pula sebuah lokomotif tua yang hanya tinggal tiga di dunia.

Lokomotif di museum ini masih berfungsi dengan baik karena perawatannya yang cukup baik. Dan tentunya sudah berfungsi untuk kegiatan di bidang pariwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: