SMP Al Irsyad Kota Tegal Adakan SAC, Ratusan Siswa SD Unjuk Kemampuan

SMP Al Irsyad Kota Tegal Adakan SAC, Ratusan Siswa SD Unjuk Kemampuan

PENAMPILAN PESERTA – Salah satu peserta lomba tampil dalam ajang SMP Al Irsyad Competition yang diadakan SMP Al Irsyad Islamic School Kota Tegal.-K. ANAM SYAHMADANI/RADAR TEGAL -

TEGAL,  DISWAYJOGJA - Setelah kali pertama diadakan tiga tahun silam, SMP Al Irsyad Islamic School Kota Tegal kembali mengadakan SMP Al Irsyad Competition (SAC). Berbeda degan sebelumnya saat masa pandemi Covid-19, kali ini diselenggarakan luring di Gedung Pertemuan Al Irsyad yang beralamat di Jalan Mayjend Sutoyo, Kota Tegal.

Ratusan siswa dari berbagai sekolah dasar (SD) berkumpul di Gedung Pertemuan Al Irsyad yang berada di Komplek SMP Al Irsyad Islamic School Kota Tegal, Jalan Mayjend Sutoyo, Minggu (28/1). Bersama kepala sekolah maupun orang tua masing-masing, mereka datang pagi-pagi ke SMP Al Irsyad untuk mengikuti SMP Al Irsyad Competition (SAC).

SAC merupakan kompetisi yang untuk kali kedua diadakan SMP Al Irsyad, setelah tiga tahun lalu diadakan secara daring mengingat kala itu Indonesia tengah dilanda pandemi Covid-19, sehingga mengharuskan warganya lebih banyak di rumah. Setelah tiga tahun berselang dan pandemi sudah dinyatakan berakhir, SAC kembali diadakan SMP Al Irsyad.

BACA JUGA:Siswa SMP Muhammadiyah 3 Kota Tegal Praktik Membuat Yoghurt

Kompetisi ini terdiri dari empat perlombaan. Yaitu Lomba Azan, Lomba Tartil, Lomba Pildacil, hingga Lomba Mewarnai Kaligrafi. Panitia SAC mencatat sebanyak 250 siswa kelas enam SD dari Kota Tegal, Kabupaten Tegal, bahkan ada yang berasal dari Kabupaten Brebes siap unjuk kemampuan terbaiknya di hadapan 12 dewan juri.

Pembukaan SAC diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh siswi Kelas 7E SMP Al Irsyad yang juga merupakan Juara Lomba Tahfidz MTQ Kota Tegal Keysa Maritska. Selain Keysa, penampilan drama yang dibawakan siswa English Club mencuri perhatian ratusan pasang mata. Terlebih, dengan turut tampilnya native speaker asal Australia Mr Kenneth Griffiths.

Selanjutnya, dari Kelas 8D SMP Al Irsyad naik panggung menampilkan Tari Saman, tari tradisional Suku Gayo dari Provinsi Aceh. Setelah prosesi pembukaan selesai, para peserta dipandu menuju ruangan lomba. Lomba Adzan di Ruang Kelas 7C, Lomba Tartil di Ruang Kelas 7A dan 7B, Lomba Pildacil di Gedung Pertemuan, dan Lomba Mewarnai Kaligrafi di Kelas 7B, 8B, dan 9B.

BACA JUGA:Tingkatkan Minat Baca, Perpustakaan SMP Muhammadiyah 2 Kota Tegal Adakan Seminar Literasi

”Kami mengadakan SAC untuk mewadahi bakat dan minat serta menggali potensi siswa sekolah dasar, sekaligus memperkenalkan SMP Al Irsyad sebagai sekolah bertaraf internasional dan berkarakter Islami,” kata Kepala SMP Al Irsyad Moh Alwi SPd usai menyampaikan sambutan sekaligus membuka SAC, didampingi Ketua Panitia SAC Hilmi Yahya LC.

SMP Al Irsyad, ungkap Alwi, tidak akan berhenti berinovasi dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk kemajuan pendidikan. Pada Tahun Ajaran 2023/2024 ini, SMP Al Irsyad menajamkan Program TICC dengan membaginya menjadi dua kelas. ”Yakni Kelas ICC untuk kelas bahasa internasional, dan Kelas TCC untuk kelas hafalan Alquran,” ujar Alwi.

BACA JUGA:Naik Sepeda, Kepala Dinas Dikbud Fahmi Kunjungi Pembangunan Sarpras SMPN 11 Kota Tegal

SMP Al Irsyad memberikan apresiasi kepada semua peserta SAC yang nantinya ingin melanjutkan pendidikan di SMP Al Irsyad. “Kami memberikan apresiasi kepada semua peserta, bagi yang mendaftar, maka uang pendaftaran masuk ke SMP Al Irsyad digratiskan. Selain itu, apresiasi berupa trofi, sertifikat, dan uang pembinaan untuk pemenang,” ujar Alwi.

Penyelenggaraan SAC ini disambut baik para kepala SD yang mengirimkan siswanya untuk mengikuti perlombaan. Salah satunya, Kharis Alwafa SPdI, seorang kepala salah satu SD dari Kabupaten Tegal. Menurut Kharis, pelaksanaan lomba ini tampak dipersiapkan dengan profesional dan dikemas dengan cara yang cukup berbeda.

”Bagi sekolah Islam, ini menjadi tolak ukur kemampuan siswa terhadap pemahaman pendidikan Islam, yang ternyata ada wadah untuk berkompetisi ketika sudah mempelajari itu,” ungkap Kharis. SAC juga dimeriahkan Market Day yang dipersembahkan siswa Kelas 8 SMP Al Irsyad, sekaligus mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Berdasarkan penilaian dewan juri, Lomba Adzan menghasilkan Juara I M Yahya Zidan (SD Al Mustaghfirin), Juara II Irfan Nur Fauzi (SDN Bojongsana), Juara III M Faiz Al Amin (SDN Dampyak 2). Lomba Tartil Juara I Aryo Dito Wibowo (SD ACI), Juara II Aeri Aqila P (SD Al Mustaghfirin), Juara III Qisti Zafira A (SD ACI).

Lomba Pildacil Juara I Dimas Prayogi (SDN Suradadi 3), Juara II Arden Manggala (SD Islam Pelangi), dan Juara III Nabila Nur Atikah (SDN Bongkok 1). Sedangkan Lomba Mewarnai Kaligrafi Juara I Amalia Zahra (SD BIAS Assalam), Juara II Fadia Aqila (SDN MKK 8), dan Juara III Anya Syazwina Alzan (SD Islam Pelangi). (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: