Benarkah Imbas Skandal Daihatsu Ngefek ke Toyota Rush? Simak Ulasannya

Benarkah Imbas Skandal Daihatsu Ngefek ke Toyota Rush? Simak Ulasannya

Ilustrasi Daihatsu Terios--

DISWAY JOGJA - Skandal keselamatan Daihatsu yang kembali heboh juga dipengaruhi oleh mobil-mobil Toyota, Rush salah satunya. Namun Toyota Rush yang terkena skandal ini diklaim hanya untuk pasar ekspor ke Malaysia, sehingga tidak menjadi masalah bagi konsumen di Indonesia.

Berdasarkan keterangan tertulis dari laman resmi Toyota Indonesia, dijelaskan bahwa pelanggan yang menggunakan produk Toyota, termasuk yang dikembangkan bersama Daihatsu, tidak perlu khawatir atau mengambil tindakan apa pun, dan dapat tetap menggunakan kendaraan seperti biasa.

BACA JUGA : Crosser Z ABS dan S ABS Siap Menggilas di Pasar Indonesia, Yamaha Resmikan 2 Motor Dual Purpose Terbaru

"Hal ini didasarkan pada fakta bahwa semua kendaraan Toyota (termasuk yang dikembangkan bersama dengan Daihatsu) yang dijual di Indonesia telah memenuhi kaidah dan proses homologasi yang berlaku," kata pernyataan yang dikutip dari GridOto. Berbicara tentang Toyota Rush yang dijual di Indonesia, Low Sport Utility Vehicle (LSUV) ini terakhir mendapat penyegaran pada tahun 2017.

Daihatsu Terios mengusung mesin dengan kode 2NR-VE berkapasitas 1.496 cc, empat silinder sejajar, DOHC. Mesin dengan teknologi Dual VVT-i ini diklaim mampu mengeluarkan tenaga 102,5 hp pada 6.000 rpm dan torsi 136 Nm pada 4.200 rpm.

Tenaga dari mesin disalurkan ke roda belakang atau Rear Wheel Drive (RWD) melalui pilihan transmisi manual dan otomatis. Masuk ke bagian interior, kompetitor Honda BR-V dan Mitsubishi Xpander Cross dilengkapi dengan fitur hiburan DVD AVX-7 yang dilengkapi dengan koneksi internet. Fitur Tilt Steering yang nyaman juga telah disematkan untuk memudahkan pengaturan posisi berkendara.

BACA JUGA : Cek Harga dan Spesifikasi Toyota Rangga, Pikap Toyota yang Sudah Siap Meluncur Tahun Ini

LSUV tujuh penumpang memiliki sejumlah fitur keselamatan seperti Vehicle Stability Control (VSC), Anti-lock Braking System (ABS), Hill Start Assist (HSA), 6 Kantung Udara, dan Peringatan Indikator Sabuk Pengaman. Sebagai pilihan bagi konsumen, Toyota Rush menawarkan enam pilihan warna.

Ini termasuk Mika Metalik Merah, Mika Bordeaux, Mika Hitam, Mika Perunggu, Mika Metalik Perunggu, Mika Putih, dan Perak. Harga Toyota Rush awal Desember 2023 dibanderol mulai dari Rp282, 7 juta untuk tipe termurah yaitu 1,5 G M / T.

Sedangkan untuk tipe Toyota Rush termahal, S A / T GR Sport dijual seharga Rp 306,1 juta on the road (OTR) Jakarta. Sekadar info, berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan terhadap skandal keselamatan Daihatsu sejak April 2023, telah ditemukan ratusan kasus baru.

BACA JUGA : Lebih menarik lagi, All New Toyota Rush 2024 Ternyata memiliki fitur-fitur canggih seperti ini

Setidaknya ada 174 kasus baru dalam 25 item uji yang ditemukan pada 64 model dan tiga seri mesin, termasuk model yang telah berhenti diproduksi. Selain kesalahan dalam uji tabrak samping yang mengawali skandal tersebut, diketahui bahwa yang termasuk dalam kasus baru tersebut adalah kesalahan emisi dan data lingkungan lainnya.

Demikian ulasan tentang potensi imbas skandal Daihatsu yang diprediksi mempengaruhi Toyota Rush. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: