Hujan Lebat dan Angin Kencang di Kadipaten Kraton, Pohon di Area Parkir Gedung Pertemuan Suryopuri Tumbang

Hujan Lebat dan Angin Kencang di Kadipaten Kraton, Pohon di Area Parkir Gedung Pertemuan Suryopuri Tumbang

pohon tumbang di area Parkir Gedung Pertemuan Suryopuri Jalan Kadipaten No. 64 Kadipaten Kraton.-DOK.-

DISWAYJOGJA – Hujan lebat dan angin kencang terjadi di wilayah Yogyakarta, Jumat (5/1/2024). Kondisi itu membuat pohon tumbang di area Parkir Gedung Pertemuan Suryopuri Jalan Kadipaten No. 64 Kadipaten Kraton.

Dari informasi yang dihimpun, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 14.00 WIB saat pemilik area parkir berada di dalam warungnya mendengar suara keras. Seketika keluar dan melihat pohon klengkeng tumbang. Pohon yang tumbang tersebut jenis pohon klengkeng memiliki tinggi lebih kurang 6 (enam) meter dan diameter lebih kurang 25 (dua puluh lima) cm.

BACA JUGA:Cegah Bencana, Tim Gabungan Tanam 16 Ribu Pohon di Hutan Gunung Slamet Kabupaten Tegal

Mendengar kabar itu, gabungan personel Polsek Kraton mendatangi laporan warga terkait adanya pohon tumbang tersebut. Personel Polsek Kraton bersama KTB Kraton melaksanakan evakuasi berupa memotong pohon tumbang tersebut dengan menggunakan gergaji mesin. Evakuasi selesai dilaksanakan sekira pukul 14.30 WIB. Beruntung, dari kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa dan kerugian materiil. 

Kapolsek Kraton Kompol Theresia mengatakan, peristiwa pohon tumbang ini merupakan kejadian yang perlu diwaspadai, terutama saat memasuki musim penghujan. Hujan lebat dan angin kencang dapat menyebabkan pohon tumbang, sehingga membahayakan masyarakat.

BACA JUGA:Bupati Bantul, Gunungkidul, dan Sleman Terima LHP, Kerja Sama Pemda DIY dengan BPK Cerminkan Nilai Strategis

Sebab, lanjut dia, tidak menutup kemungkinan kejadian pohon tumbang akan terjadi di lokasi lain mengingat Yogyakarta memasuki musim penghujan. ”Masyarakat diminta untuk tetap waspada dan berhati-hati saat terjadi cuaca ekstrem,” katanya.

Kompol Theresia memberikan beberapa tips untuk menghindari pohon tumbang. Antara lain, pertam ahindari berteduh di bawah pohon saat hujan lebat dan angin kencang. Kedua, jika berada di area parkir, perhatikan kondisi pohon yang ada di sekitar. Ketiga, jika melihat pohon yang terlihat rapuh atau berpotensi tumbang, segera laporkan kepada pihak berwenang.

”Dengan waspada dan berhati-hati, kita dapat mencegah terjadinya korban jiwa dan kerugian materiil akibat pohon tumbang,” imbaunya.

BACA JUGA:Mesin Cuci Anda Tidak Bisa Berputar? Ini Dia 5 Penyebabnya!

Sebelumnya, Kapolsek Kraton Kompol Theresia juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada saat terjadi cuaca ekstrem. Hal itu menyusul peristiwa pohon tumbang yang terjadi di wilayah Namburan Lor, Kota Yogyakarta, pada Kamis (4/1/2024).

Peristiwa pohon tumbang tersebut terjadi akibat angin kencang yang melanda wilayah Yogyakarta pada hari itu. Pohon yang tumbang tersebut menimpa kabel telepon dan tidak menimbulkan korban jiwa. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: