Hujan Disertai Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Dua Rumah Warga Brebes

Hujan Disertai Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Dua Rumah Warga Brebes

TIMPA RUMAH - Petugas dibantu warga membersihkan pohon tumbang yang menimpa bangunan rumah warga hingga menimbulkan kerusakan.-TEGUH SUPRIYANTO/RADAR BREBES -

BUMIAYU, DISWAYJOGJA - Hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan tiga rumah warga di Dukuh Pamijen bawah RT 01 RW 02 Desa Pamijen, Kecamatan Bumiayu, tertimpa pohon tumbang, Sabtu, 27 April. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini, hanya saja selain rumah warga, pohon tumbang juga berdampak pada rusaknya bangunan Mushola yang biasa digunakan warga beribadah.

Tiga rumah warga masing-masing milik Wahidin, 50, Munisah, 53, dan Rahmat, 63. Sementara satu bangunan lain yang rusak yakni Musala Baiturrohman.

BACA JUGA:Disapu Angin Kencang, Empat Rumah di Bumijawa Tegal Rusak

Sekretaris Desa Pamijen Eko Amrulloh mengatakan, hujan disertai angin kencang di sekitar wilayahnya tersebut telah terjadi semenjak pukul 14.00 WIB, menjelang petang sekitar pukul 16.00 WIB, beberapa pohon mangga tumbang termasuk diantaranya yang berukuran besar hingga menimpa rumah warga.

"Tiba-tiba saja angin kencang, lalu terdengar suara benturan keras. Warga yang ada di dalam sempat panik, karena saat itu juga terjadi hujan," ungkap Eko.

Dikatakan, warga sempat beraliran ke bagian depan rumah. Di luar rumah didapati sejumlah pohon tumbang dan menimpa rumah hingga menutup dan merusak teras rumah.

"Dari situ baru tahu jika suara tadi berasal dari pohon tumbang yang menimpa rumah saya," kata Eko.

Perangkat Desa Tonjong segera berkoordinasi dengan Pemdes yang ditindaklanjuti laporan kepada pihak terkait. Tidak berselang lama, jajaran Koramil dan Polsek Tonjong, dibantu Satgas PB BPBD Brebes datang ke lokasi untuk mengevakuasi pohon yang tumbang.

Koordinator Lapangan Satgas PB BPBD Brebes Budi Sujatmiko mengatakan, pihaknya berhati-hati saat mengevakuasi pohon besar yang menimpa bangunan rumah warga. Kondisi ini dilakukan untuk menghindari kerusakan lebih para pada bangunan rumah serta adanya jaringan listrik PLN. "Ada beberapa pohon yang tumbang, hanya saja dua diantaranya berukuran besar dan menimpa rumah warga," kata Budi.

BACA JUGA:Diterjang Angin Kencang, Rumah Warga Dukuhjati Kidul Kabupaten Tegal Ambruk

Dibantu petugas PLN, dan warga, evakuasi pohon tumbang bisa berjalan dengan lancar. Dalam kesempatan tersebut, Budi meminta warga lebih waspada terhadap kondisi lingkungan tempat tinggal, seiring dengan berlangsungnya musim hujan saat ini.

"Apapun yang dapat berpotensi menimbulkan dampak perlu mendapat perhatian. Baik pepohonan, tebing, maupun Daerah Aliran Sungai (DAS). Sebab kondisi cuaca saat ini, rawan menimbulkan bencana alam," ucapnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: