11 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok di Kepala

11 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok di Kepala

Cara Alami Mengurangi Rambut Rontok--

DISWAY JOGJA- Rambut rontok, menjadi salah satu masalah yang harus diatasi karena dapat mengganggu kenyamanan beraktivitas. Padahal, banyak cara alami mengatasi rambut rontok di kepala sesuai kondisi dan kebutuhan.

Biasanya, rambut rontok disebabkan sejumlah faktor baik secara genetis maupun kondisi kesehatan. Penyebab paling umum rambut rontok di  kepala, adalah faktor keturunan yang terjadi seiring bertambahnya usia. 

Jika bukan dipicu penyakit, cara mengatasi rambut rontok dapat menggunakan beberapa bahan alami. Diantaranya lidah buaya, minyak zaitun, santan, yoghurt, bawang dan madu, alpukat, serta jampu biji.

Artikel ini akan membahas terkait cara mengurangi rambut rontok secara alami. Simak hingga akhir ya.

BACA JUGA:6 Manfaat Tanaman Lidah Buaya Untuk Kesehatan Kulit Wajah, Dapat Menghilangkan Jerawat juga lho!

Rambut rontok dapat terjadi secara tiba-tiba atau beratahap dan bertambah parah seiring waktu. Berikut beberapa bahan alami yang dapat dipakai sebagai cara mengatasi rambut rontok:

1. Lidah Buaya

Lidah buaya terkenal dengan khasiatnya untuk menyuburkan dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Manfaat ini karena adanya kandungan vitamin A, D serta zat besi dan protein di dalamnya.

Caranya yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya secara merata pada rambut dan kulit kepala. Kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat sampai bersih. Anda dapat melakukan cara ini dengan teratur untuk hasil yang maksimal.

2. Minyak Zaitun

Cara untuk mengurangi rambut rontok secara alami yaitu dengan minyak zaitun. Hal ini karena kandungan dalam minyak zaitun yang terdapat vitamin A, C, D, E, dan K serta zat besi dan kalsium yang dapat mengurangi rambut rontok. Caranya, oleskan miyak zaitun pada kulit kepala dan rambut secara merata dan pijat dengan lembut. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

3. Yoghurt

Cara selanjutnya untuk mengatasi rambut rontok yaitu dengan menggunakan yoghurt. Kandungan kalsium, vitamin D, Kalium, dan protein yang terdapat pada yoghurt dapat memberi nutrisi dan membantu menguatkan akar rambut. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan oleskan yoghurt tawar ke seluruh permukaan rambut dan pijat dengan lembut. Diamkan selama 5 menit dan bilas dengan air bersih.

BACA JUGA:5 Manfaat Daun Cincau Hijau Bagi Kesehatan, Rasanya Enak dan Harganya Murah Meriah!

4. Santan

Santan mengandung zink, vitamin E, vitamin B6, kalium, dan fosfor yang membuat rambut lebih halus dan tidak mudah rontok. Caranya, oleskan santan ke seluruh permukaan rambut hingga kulit kepala. Lalu diamkan selama 3 menit dan bilas menggunakan sampo serta air bersih.

5. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu makan sehat yang mengandug protein alami. Nutrisi tersebut dapat membanti meningkatkan kesehatan kulit kepala. Caranya cukup simpel, yaitu dengan menghancurkan satu buah alpukat dan aplikasikan pada rambut serta kulit kepala. Pijat secara perlahan dan diamkan selama 15 sampai 20 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

6. Bawang dan Madu

Bawang dan madu dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi rambut rontok. Hal ini karena bawang mengandung tinggi sulfur yang efektif untuk mengurangi kerontokan rambut. Caranya, dengan mencampurkan air perasan bawang dan satu sendok makan madu. Oleskan di kulit kepala dan diamkan selama 2 jam. Lalu bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Teh Hijau

Teh hijau mengandung epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang dapat emningkatkan pertumbuhan rmbut. Caranya, yaitu dengan menyeduh 2 kantong teh hijau dalam secangkir air. Biarkan sampai dingin dan aplikasi ke seluruh rambut serta kulit kepala. Lalu diamkan sampai 60 menit dan bilas dengan air bersih.

BACA JUGA:7 Obat Alami untuk Mengobati Radang Tenggorokan

8. Jambu Biji

Cara berikutnya untuk mengurangi rambut rontok secara alami yaitu dengan jambu biji. Caranya dengan membuat masker jambu biji, dengan mengancurkan dagingnya sampai bertekstur pasta. Tambahkan satu putih telur, lalu aplikasikan campuran itu pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 40 menit dan bilas hingga bersih.

9. Pisang

Pisang mengandung asam folat yang dapat mengatasi rambut rontok. Caranya, hancurkan satu buah pisang dan campurkan dengan minyak zaitun madu, serta susu atau santan. Aplikasikan pada kulit kepala dan rambut, diamkan 15 sampai 30 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

10. Putih Telur

Putih telur dapat menjadi salah satu cara untuk mengurangi rambut rontok kepala. hal ini karena kandungan protein, kalsium, dan magnesium yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Caranya, yaitu dengan aplikasikan putih telur ke seluruh kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 10 sampai 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. 

11. Daun Buah Bit

kandungan dalam buah bit yaitu vitamin C dan B6, folat, mangan, betaine, dan kalium yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, daun buah ini juga bertindak sebagai agen detoksifikasi dengan menjaga kebersihan kulit kepala.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan rebus 7 hingga 8 lembar daun bit dan haluskan bersama 5 sampai 6 lembar daun henna sampai bertekstur pasta. Kemudian aplikasikan campuran ini pada kulit kepala dan biarkan selama 15 sampai 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. 

BACA JUGA:5 Jenis Olahraga yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan jantung

Itulah beberapa cara alami untuk mengatasi rambut rontok. Rawatlah rambut Anda agar tetap sehat. Semoga bermanfaat. (*).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: