7 Penyebab Rambut Rontok dan Tips Menguranginya

7 Penyebab Rambut Rontok dan Tips Menguranginya

Penyebab Rambut Rontok--

DISWAY JOGJA- Rambut rontok dapat mengakibatkan penipisan rambut atau kebotakan. Karena itu, penting untuk menjaga kesehatan rambut. Ada beberapa penyebab rambut rontok serta cara mengatasinya.

Rambut rontok adalah gangguan yang dipicu keturunan, perubahan hormon, kondisi medis, atau bagian normal dari penuaan. Risiko masalah ini lebih rentan terjadi pada pria ketimbang wanita.

Gangguan rambut rontok bisa disebabkan oleh keturunan, perubahan hormon, atau kondisi medis. Namun, gangguan ini dapat diatasi dengan beberapa cara alami.

Artikel ini akan membahas terkait penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya secara alami. Simak hingga akhir ya.

BACA JUGA:6 Manfaat Tanaman Lidah Buaya Untuk Kesehatan Kulit Wajah, Dapat Menghilangkan Jerawat juga lho!

Penyebab dari rambut rontok dapat dipicu oleh beberapa hal yang perlu diwaspadai, diantaranya:

1. Perubahan Hormon

Penyebab pertama dari rambut rontok yaitu adanya perubahan hormonal. Hal ini dapat disebabkan oleh kehamilan, persalinan, menopause, dan gangguan tiroid bisa menyebabkan kerontokan rambut.

2. Efek Samping obat-obatan

Ada berbagai obat yang dapat meningkatkan risiko rambut rontok. Contohnya obat-obatan untuk mengangani depresi, gangguan jantung, dan tekanan darah tinggi.

3. Kurang Asupan Gizi

Penyebab berikutnya yaitu kurangnya asupan gizi yang kurang baik menyebabkan helai rambut yang tumbuh menjadi lebih tipis dan rapuh, sehingga rambut lebih mudah rontok. Risikonya lebih tinggi dialami oleh orang yang menjalani diet ketat.

4. Kurang darah atau Anemia

Anemia membuat pengidapnya kekurangan zat besi. Hemoglobin yang diproduksi dalam darah membutuhkan peran nutrisi. Hemoglobin akan bertugas mengantar oksigen untuk merangsang pertumbuhan rambut.

BACA JUGA:5 Manfaat Daun Cincau Hijau Bagi Kesehatan, Rasanya Enak dan Harganya Murah Meriah!

6. Gonta-ganti Produk Sampo

Apabila Anda sering bergonta-ganti produk sampo dapat membuat rambut mudah rontok dan terlihat semakin tipis. Kondisi ini disebabkan oleh berbagai bahan kimia yang terkandung di dalam sampo dan terserap ke dalam rambut.

7. Menjalani Kemoterapi

Kometerapi menjadi salah satu penyebab rambut rontok dengan sangat cepat. Kemoterapi menargetkan sel-sel yang membelah dengan cepat. Dalam hal ini, sel di kulit kepala yang menjadi salah satu targetnya. Karena proses tersebut seseorang yang menjalani proses medis ini cenderung mengalami rambut rontok berkepanjangan.

Untuk dapat mengurangi rambut rontok yang berlebihan, ada beberapa tips yang dapat dilakukan yaitu:

  1. Hentikan kebiasaan menarik dan memelintir rambut.
  2. Jangan mengikat rambut terlalu kencang.
  3. Jangan menggosok rambut terlalu kencang saat keramas.
  4. Jangan menggaruk kulit kepala menggunakan kuku.
  5. Gunakan sisir bergigi jarang.
  6. Mengonsumsi mekanan sehat tinggi protein, seperti ikan, telur, kacang-kacangan, susu, ubi, bayam, dan brokoli.

BACA JUGA:Hindari Minum Es Teh Manis Tiap hari, Ini dia 8 Bahayanya bagi Kesehatan

Itulah beberapa penyebab dari rambut rontok dan tips sederhana untuk menguranginya. Rawatlah rambut Anda dengan baik untuk menjaga kesehatan rambut. Semoga bermanfaat. (*).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: