5 Tips Membersihkan Nama di BI Checking, Mudah dan Anti Ribet!

5 Tips Membersihkan Nama di BI Checking, Mudah dan Anti Ribet!

5 tips cara membersihkan nama di BI Checking--

Tips pertama yang bisa Kamu lakukan adalah dengan melunasi tunggakan pinjaman agar nantinya bisa menaikkan skor kredit yang Kamu miliki.

BACA JUGA: 5 Resiko yang Akan Kamu Dapat Jika Gunakan Pinjol Tanpa Jaminan, Harus Lebih Waspada!

Jika Kamu memang masih memiliki tagihan di sebuah bank, maka bisa dipastikan Kamu tidak akan bisa mengajukan pinjaman di bank lain.

2. Negosiasi dengan Pihak Kreditur

Tips kedua yang bisa Kamu lakukan selanjutnya adalah dengan melakukan negosiasi bersama pihak kreditur terkait keinginan untuk membersihkan nama di BI Checking.

Jika Kamu tidak bisa melunasi semua hutang beserta bunganya, maka bisa melakukan cara negosiasi ini dengan pihak kreditur yang meminjamkan uang.

Nantinya, pihak kreditur bisa memberikan keringanan berupa perpanjangan waktu untuk menyicil tagihan atau meringankan bunga jika memang apa yang Kamu negosiasikan benar.

3. Lakukan Pemantauan

Jika Kamu telah melakukan beberapa cara diatas, sikahkan untuk bisa melakukan kembali pengecekan skor kredit yang Kamu miliki.

BACA JUGA: Data-Datamu Bisa Disalahgunakan! Inilah 5 Resiko Berbagi Akun Pinjol yang Perlu Kamu Hindari

Jika memang ternyata setelah melakukan beberapa hal diatas tetap tidak berubah, maka Kamu bisa melakukan komplain ke bank yang terkait.

4. Bawa Surat Keterangan Lunas Hutang

Setelah semua hutang yang Kamu miliki sudah sepenuhnya lunas, Kamu bisa meminta surat keterangan sebagai bukti.

Nantinya, Kamu bisa membawa surat keterangan tersebut ke kantor OJK untuk kemudian dijadikan bukti jika Kamu sudah melunasi semua hutang yang tersisa.

BACA JUGA: Beginilah Cara Pinjol Bekerja dengan Cepat, Solusi Darurat atau Risiko Finansial Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: