Etika Menggunakan Lampu Dim yang Seharusnya, Street Manners Biar Gak Ngeselin!!

Etika Menggunakan Lampu Dim yang Seharusnya, Street Manners Biar Gak Ngeselin!!

Etika menggunakan lampu dim--otomotif.katadata.co.id

 

3. Hendak Berpapasan

Ketika ingin mendahului ada baiknya memberikan isyarat tambahan selain lampu sein yaitu menggunakan klakson atau lampu tembak. 

Lampu dim lebih terasa membantu ketika berada pada momen ingin menyalip, sehingga  kendaraan yang disalip maupun dari arah berlawanan paham jika kita sedang meminta jalan.

BACA JUGA:3 Kesalahan yang Dilakukan Pengendara Mobil Ketika Hujan, Masihkah Kamu Melakukan Salah Satunya?

4. Gunakan Sebagai Isyarat

Kelebihan menggunakan lampu high beam sebagai isyarat dibandingkan dengan klakson ialah yang diberi pesan mengetahui kendaraan mana yang memberi isyarat.

Misalnya ketika ada pejalan kaki bingung ketika akan berjalan menyebrang, dengan memberikan lampu dim maka kita meminta jalan agar tidak dulu menyebrang.

 

5. Gunakan ketika berada di Tikungan

Ketika melewati jalan yang berkelok dan menikung tajam lampu high beam dapat digunakan untuk memberikan sinyal kepada pengendara dari arah berlawanan agar tidak memakan jalan terlalu banyak di tikungan.

Jadi pengendara lain lebih waspada akan keberadaan kita ketika melewati jalanan dengan tikungan tajam. 

Keberadaan lampu tembak kendaraan memberikan manfaat ketika di jalan, sebab terjadi keterbatasan untuk berkomunikasi terlebih pada kondisi di malam hari.

Dengan penggunaan yang bijak keberadaan lampu tembak dapat membantu mengurangi resiko kecelakaan.

Bukan sebaliknya, menjadi penyebab kecelakaan karena penggunaan lampu high beam atau lampu tembak kendaraan yang sembarangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: