Bukan Cuma Strategi Marketing, 4 Alasan Pentingnya Harus Ganti Oli Mesin Motor

Bukan Cuma Strategi Marketing, 4 Alasan Pentingnya Harus Ganti Oli Mesin Motor

Merawat motor dengan mengganti oli mesin motor secara rutin --automotive.evalube.com

 

1. Mencegah overheat 

Oli mesin dapat mencegah motor dari overheat akibat mesin yang terlalu panas karena pemakaian dalam perjalanan yang panjang. Jika hal ini dibiarkan, komponen mesin motor bisa rusak atau mesin mati mendadak.

Pelumas mesin dapat menjaga suhu mesin ketika dalam perjalanan, karena oli motor mengurangi gesekan antar komponen mesin yang disebabkan adanya proses pembakaran di dalam silinder.

Semakin baik kualitas pelumas mesin juga  berbanding lurus dengan kinerjanya dalam menjaga performa dan suhu mesin. Jadi jangan mudah tergoda dengan tawaran pelumas yang murah namun diragukan kualitasnya. 

 

2. Menjaga performa kendaraan

Ketika motor terasa tidak responsif cobalah untuk mengganti pelumas pada mesin lalu bandingkan perbedaannya sebelum dan sesudah diganti. Biasanya motor akan tereasa lebih nyaman untuk diajak berlari.

Oli mesin melumasi komponen di dalam mesin sehingga gesekan yang terjadi diantara komponen lebih lancar, jadi komponen pada mesin tidak cepat aus yang menyebabkan performa menurun.

Nah, makanya setelah mengganti pelumas mesin pada motor, performanya cenderung terasa lebih ringan dan suara mesin lebih halus.

 

3. Menjaga umur mesin

Salah satu manfaat dari keberdaan pelumas mesin yaitu menjaga komponen mesin terhindar dari karat. Sebab pelumas menghindarkan mesin yang berbahan logam berkontak langsung dengan air atau udara dengan melapisinya secara menyeluruh.

Pada motor yang tidak pernah atau tidak memperhatikan pelumas mesin biasanya terjadi masalah-masalah mesin seperti mengeluarkan suara berisik, gampang overheat, dan lain-lain.

Jika gejal-gejala tersebut dibiarkan, motor dapat memaksa kita untuk diservis karena mesinnya tidak dapat dihidupkan. Sampai resiko terburuknya harus turun mesin dengan tagihan yang tidak sedikit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: