Pemerintah Swiss Kunjungi DIY, Pemda Tawarkan Berinvestasi

Pemerintah Swiss Kunjungi DIY, Pemda Tawarkan Berinvestasi

Pemda DIY menawarkan kepada Pemerintah Swiss untuk berinvestasi di DIY.-DOK.-

DISWAYJOGJA - Pemda DIY menawarkan kepada Pemerintah Swiss untuk berinvestasi di DIY. Hal itu disampaikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat menerima kunjungan Asisten Menteri Luar Negeri Swiss untuk Asia dan Pasifik, Amb. Heinrich Schellenberg pada Jumat (15/12/2023).

BACA JUGA:Wow hanya 21 KM dari Kota Kebumen, Destinasi Pemandangan Taman Ini Seperti Sungai Aare Swiss

Ditemui usai pertemuan yang digelar di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Sri Sultan mengucapkan terima kasih atas kehadiran Asisten Menteri Luar Negeri Swiss untuk Asia dan Pasifik di Yogyakarta. Kedatangan Schellenberg kali ini didampingi oleh Duta Besar Swiss untuk Indonesia, Timor Leste dan ASEAN, Amb. Olivier Zehnder.

BACA JUGA:Jelang Nataru, Pasokan Bahan Pangan Pokok di DIY Dipastikan Aman

“Terima kasih atas kehadirannya di Yogyakarta. Siapa tahu nanti setelah berdialog dengan kami tadi, bisa ada tindak lanjut (kerja sama) yang memungkinkan. Memang saat ini belum kita rumuskan detail bagaimana nantinya, tapi tadi Duta Besar Swiss juga sudah menyampaikan akan kembali ke Yogyakarta untuk membicarakan lebih jauh terkait rencana investasi,” ungkap Sri Sultan.

BACA JUGA:Pemda DIY Tercepat Susun RKPD 2025, Kemendagri Beri Apresiasi

Asisten Menteri Luar Negeri Swiss untuk Asia dan Pasifik, Amb. Heinrich Schellenberg mengatakan, kedatangannya kali ini ke Indonesia, termasuk ke DIY bertujuan untuk mendorong hubungan antara Swiss dengan Indonesia, termasuk Yogyakarta. Karena itu, kedatangannya ini juga karena ingin melihat kondisi DIY dan bertemu masyarakat Jogja.

BACA JUGA:Persembahan 80 Tahun Sri Sultan HB X, Pemda DIY Luncurkan 2 Buku

“Kami datang untuk melihat tempat bersejarah ini. Kami juga mengunjungi situs-situs budaya dan bertemu dengan pemerintah Yogyakarta untuk melihat kesempatan-kesempatan dalam rangka ingin lebih mengintensifkan hubungan yang telah terjalin,” imbuhnya.

Schellenberg mengungkapkan, tidak hanya DIY, kedatangannya ke Indonesia kali ini juga mengunjungi Jakarta dan Bandung. Dia berharap ke depan hubungan kedua negara ini bisa semakin erat.

BACA JUGA:5 Jenis Olahraga yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan jantung

Sementara itu, Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal DIY Agus Priyono mengatakan, dalam pertemuan, Duta Besar Swiss telah mengungkapkan setelah ini akan mendampingi para pengusaha asal Swiss untuk berkunjung ke DIY. Para pengusaha ini juga menjadi calon investor yang menjanjikan untuk mengembangkan DIY.

“Tadi yang sempat disinggung adalah investasi untuk mengatasi persoalan air. Tapi tentunya ke depan tidak hanya air saja, bisa berkembang untuk kerja sama yang lain. Salah satu yang kami tawarkan untuk investasi ialah pengembangan kawasan aerotropolis di Kulon Progo,” ungkapnya.

BACA JUGA:12 Rekomendasi Mesin Cuci Harga 1 Jutaan Terbaik 2023, Hemat Budget Tanpa Mengorbankan Kualitas

Agus menambahkan, pengembangan kawasan aerotropolis di DIY memang masih menjadi isu ‘seksi’ bagi para investor. Namun dalam tahapannya, dibutuhkan kapabilitas untuk menyusun perencanaannya yang sangat detail. “Karena itu, kami juga menawarkan pada Swiss untuk bisa bekerja sama membantu lebih mendetailkan lagi rencana pengembangan aerotropolis ini,” paparnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: