5 Jenis Olahraga yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan jantung

5 Jenis Olahraga yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan jantung

Jenis Olahraga untuk Kesehatan Jantung--

DISWAY JOGJA- Jantung merupakan motor utama penggerak tubuh, sehingga kesehatannya perlu dijaga dengan baik. Salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung yaitu dengan berolahraga.

Ada banyak jenis olahraga yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Tidak perlu juga melakukan olahraga seperti atlet, cukup dilakukan secara santai dan rutin saja. Karena ada beberapa olahraga yang dpat dilakukan tanpa tekanan berlebihan pada tubuh, tetapi tetap memberikan manfaat yang besar dalam menjaga kesehatan jantung.

Menjaga kesehatan jantung dengan berolahraga dapat memberikan efektifitas yang baik, sehingga perlu dilakukan secara rutin. Sehingga meminimalkan terjadinya masalah kesehatan pada jantung.

Artikel ini akan membahas terkait jenis olahraga yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Simak hingga akhir ya.

Berikut beberapa olahraga yang baik dilakukan dan bermanfaat guna menjaga kesehatan jantung:

BACA JUGA:8 Tips Minum Kopi yang Sehat, Harus Kamu Coba!

1. Berjalan Kaki

Jenis olahraga yang pertama yang baik untuk kesehatan jantung Anda yaitu dengan rutin berjalan kaki. Biasakan untuk sering berjalan kaki untuk menuju lokasi yang terlampau dekat. Berjalan kaki sekitar 30 menit sehari dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan jantung.

Dalam penelitian yang dipublikasi pada Jurnal "Circulation" pada tahun 2004, menunjukkan bahwa berjalan kaki dengan intensitas sedang selama 30 menit sehari dpaat mengurangi risiko penyakit jantung koroner pada wanita yang lebih tua. Aktivitas ini dapat membantu meningkatkan kapasitas kardiorespiratori dan mengendalikan tekanan darah.

2. Berlari atau Jogging

Dengan rutin melakukan lari kecil atau jogging, dapat membantu meningkatkan kapasitas kardioresiratori dan membakar banyak kalori. Dalam sebuah studi besar yang diterbitkan di Journal of the America  College of Cardiology" pada tahun 2014 menemukan bahwa berlari secara teratur dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular dan meningkatkan umur harapan.

Melakukan aktivitas tersebut  dapat membantu meningkatkan kapasitas kardiorespiratori dan mengontrol berat badan. Sehingga kesehatan jantung dapat terjaga dengan baik.

BACA JUGA:Atasi Kulit Kering Pada Tangan dan Kaki dengan Bahan Alami

3. Fitness dan Kegiatan Kebugaran

Latihan kekuatan dan kardio di pusat kebugaran dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Beberapa penelitian telah membahas manfaat latihan kekuatan dan kardio dalam meningkatkan kesehatan jantung. 

Seperti pada penelitian yang diterbitkan di "Medicine & Science in Sports & Exercise" pada tahun 2018 yang menunjukkan bahwa kombinasi latihan kardio dan latihan kekuatan dapat memperbaiki fungsi endotelium (lapisan dalam arteri) dan mengurangi risiko penyakit jantung. 

4. Renang

Renang merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat menjaga kesehatan jantung. Renang adalah latihan aerobik yang lembut bagi sendi dan sangat baik untuk kesehatan jantung. Pada Penelitian yang diterbitkan dalam "International Journal of Aquatic Research and Education" pada tahun 2019, menyatakan bahwa berenang secara teratur dapat meningkatkan kapasitas kardiorespiratori, mengendalikan tekanan darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, renang adalah olahraga yang rendah dampak, sehingga cocok untuk orang yang mengalami masalah sendi. Karena itu, jenis olahraga ini direkomendasikan untuk membantu menjaga kesehatan jantung.

5. Bersepeda

Bersepeda sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, serta merupakan pilihan transportasi yang ramah lingkungan. Dalam penelitian yang dimuat di "Journal of the American Heart Association" pada tahun 2017, menunjukkan bahwa bersepeda secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan stroke.

Hal tersebut dikarenakanbersepeda merupakan aktivitas aerobik yang efektif dalam meningkatkan kebugaran kardiorespiratori dan memperkuat otot jantung. Oleh karena itu, bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang harus sering dilakukan.

BACA JUGA:Beberapa Contoh Gangguan Mental dan Faktor Penyebabnya yang Perlu Kamu Ketahui

Itulah beberapa jenis olahraga yang baik untuk menajag kesehatan jantung. Sudah ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa jenis olahraga diatas dapat memberi manfaat yang signifikan bagi kesehatan jantung. Selamat mencoba. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: