UPS Tingkatkan Publikasi Internasional Dosen, Adakan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah

UPS Tingkatkan Publikasi Internasional Dosen, Adakan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah

PAPARAN – Narasumber memaparkan materi dalam Workshop Penulisan Artikel Ilmiah untuk Publikasi Internasional yang diselenggarakan UPS.-K. ANAM SYAHMADANI/RADAR TEGAL -

TEGAL, DISWAYJOGJA - Unit Pelaksana Teknis Inovasi dan Publikasi Ilmiah Universitas Pancasakti Tegal (UPS) menyelenggarakan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah untuk Publikasi Internasional di Aula Yayasan Pendidikan Pancasakti, Komplek Kampus I UPS, Jalan Halmahera, Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Kamis (14/12) lalu.

BACA JUGA:UPS Kota Tegal Sabet Terbaik III Abdidaya PPK Ormawa 2023

Workshop yang dibuka secara langsung oleh Rektor UPS Dr Taufiqulloh MHum ini bertujuan untuk meningkatkan publikasi nasional dan internasional para dosen UPS serta bisa memfasilitasi para penulis dan pengelola jurnal untuk mengetahui standar artikel ilmiah yang bisa diterbitkan di jurnal nasional dan internasional bereputasi.

BACA JUGA:2 Mahasiswa PBI FKIP UPS Tegal Dilepas ke Thailand

Saya atas nama pimpinan mengapresiasi workshop karena acara ini sejalan dengan target universitas dalam publikasi nasional dan internasional. Harapannya untuk penguatan publikasi dosen-dosen UPS, baik nasional maupun internasional dan untuk menjembatani para dosen untuk meningkatkan Jabatan Fungsionalnya,” kata Taufiq.

BACA JUGA:Kembangkan Potensi, UPS Kerja Sama dengan Universitas Kristen Maranatha

Workshop menghadirkan narasumber Dr Novi Ratna Dewi SSi MPd dari Universitas Negeri Semarang sekaligus pengelola dan editor Jurnal Internasional Bereputasi dan Guru Besar UPS Bidang Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Prof Dr Purwo Susongko MPd. Kedua narasumber membawakan materi penulisan artikel ilmiah nasional dan internasional serta pengelolaan jurnal bereputasi.

BACA JUGA:Seminar Nasional di UPS Tegal, Pancasila Landasan Kokoh Ciptakan Masyarakat Toleran

Dalam materinya, Dr Novi Ratna Dewi SSi MPd memaparkan mulai dari Definisi dan Jenis Jurnal ilmiah, Lembaga Pengindeks, Ciri Jurnal Bereputasi, Tips Mendeteksi Jurnal Predator, Tips Publikasi pada Jurnal Bereputasi. Sedangkan Prof Dr Purwo Susongko MPd terkait Membangun Kepakaran Dosen Melalui Publikasi Ilmiah.

BACA JUGA:Rektor UPS Tegal Instruksikan Mahasiswa Berbaur dengan Masyarakat

Acara berjalan lancar, dengan antusiasme peserta yang terlibat aktif dalam diskusi dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber. “Workshop ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif dalam meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah dan pengelolaan jurnal di lingkungan akademis,” ungkap Taufiq. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: