Atasi Kulit Kering Pada Tangan dan Kaki dengan Bahan Alami

Atasi Kulit Kering Pada Tangan dan Kaki dengan Bahan Alami

Bahan Alami Atasi Kulit Kering--

DISWAY JOGJA - Mengatasi kulit kering pada tangan dan kaki dapat dilakukan dengan cara dan bahan-bahan alami. Dengan pengolahan yang sederhana dan tidak memerlukan banyak biaya.

Kulit kering atau istilahnya xerosis adalah kondisi ketika kulit kekurangan kelembapan di lapisan luarnya. Xerosis termasuk salah satu permasalahan kulit paling umum yang sering dialami oleh orang-orang yang tinggal di wilayah iklim tropis.

Kulit kering dapat mengakibatkan masalah lain seperti peceh-pecah, gatal, kemerahan, hingga infeksi. Oleh karena itu, masalah tersebut harus bisa segera ditangani. Untuk mencegahnya, tidak harus dengan biaya mahal, karena ada banyak bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering.

Artikel ini akan membahas terkait cara mengatasi kulit kering pada tangan dan kaki dengan bahan-bahan alami. Simak hingga akhir ya.

BACA JUGA:Beberapa Contoh Gangguan Mental dan Faktor Penyebabnya yang Perlu Kamu Ketahui

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kulit kering pada tangan dan kaki. Diantaranya yaitu:

  1. Perubahan cuaca: perubahan cuaca dari musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya dapat membuat kondisi kulit di area tangan dan kaki menjadi lebih mudah kering hingga mengelupas.
  2. Penyakit penyerta: Penyebab kulit kering juga dapat dipengaruhi oleh penyakit penyerta seperti eksim, psoriasis, atau perdangan.
  3. Kondisi lainnya: Kondisi lain yang dapat mengakibatkan kulit kering yaitu pemakaian perawatan kulit yang tidak cocok, pengaruh obat-obtan, alergi, suhu kamar tidur, polusi, pengguanaan sabun berbahan keras, dan lainnya.

Bahan Alami Atasi Kulit Kering pada Tangan dan Kaki

1. Lidah Buaya

Bahan alami yang pertama untuk atasi kulit kering pada tangan dan kaki yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Mengoleskan gel lidah buaya atau aloe vera dapat mengurangi masalah kulit kering di tangan dan kaki.

Hal ini, karena di dalam lidah buaya terdapat kandungan mineral, enzim, antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang baik untuk menguatkan skin barrier sehingga kulit akan lebih lembap. Sehingga lidah buaya ini sangat baik untuk mengatasi kulit kering Anda.

2. Madu

Madu menjadi salah satu bahan alami yang mmapu membuat kulit menjadi lebih halus dan ternutrisi. Menurut hasil penelitian yang dipublikaiskan pada 2012, madu bermanfaat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit kulit. Hal ini karena madu mengandung antioksidan yang tinggi.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal mengoleskan madu sebagai masker kulit tangan dan kaki. Dengan cara tersebut akan membantu melempabkan, menyembuhkan kulit kering serta antiinflamasi.

BACA JUGA:Ini dia 7 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental

3. Mengonsumsi Makanan Tinggi Antioksidan

Disamping menggunakan bahan-bahan alami yang dioleskan langsung ke kulit, perawatan kulit kering juga harus diimbangi dengan mengonsumsi makanan yang tinggi akan antioksidan.

Selain itu, Anda juga harus memperbanyak asupan makanan yang kaya kaan antioksidan seperti sayuran hijau, buah-buahan tinggi vitamin C, serta aneka kacang-kacangan untuk meminimalkan kerusakan pada kulit.

4. Minyak Kelapa

Bahan yang selanjutnya untuk mengatasi kulit kering yaitu minyak kelapa. Minyak kelapa sama efektifnya dengan petroleum jelly untuk merawat kulit kering. Dalam penelitian pada tahun 2016, bahwa minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh yang memiliki sifat emolien.

Emolien adalah lemak atau minyak yang berfungsi sebagai pelembap alami dengan mengisi celah pada kulit kering sehingga membuatnya terasa lebih halus. Karenanya, menggunakan minyak kelapa menjadi salah satu cara yang dianjurkan untuk mencegah kulit kering.

5. Minyak Biji Bunga Matahari

Minyak biji bunga matahari dapat digunakan untuk mengahluskan kulit tangan dan kaki. Hal ini karena minyak biji bunga mantahari efektif untuk meningkatkan hidrasi pada kulit kering dan aman digunakan sebagai pelembap.

Caranya cukup mudah, tinggal mengoleskan minyak biji bunga matahari langsung ke kulit, atau bisa juga dijadikan campuran lotion dan scrub badan untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang kering.

BACA JUGA:7 Makanan Rendah Gula, Cocok buat Penderita Kencing Manis, Apa saja sih Makanannya?

6. Mandi dengan Campuran Oatmeal

Otmeal merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk merawat kulit kering. Caranya dengan menambahkan otmeal bubuk ke dalam bak mandi atau dijadiakan sebagai scrub badan dapat meredakan kulit kering.

Dalam studi yang dilakukan pada tahun 2015, menemukan bahwa ekstrak dari oatmeal memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan untuk merawat kulit kering. Karenanya, oatmeal ini dapat menjadi cara alami untuk membuat kulit Anda menjadi lebih halus.

7. Sering Minum Air Putih

Mengonsumsi air putih yang cukup, dapat membantu Anda menghidrasi kulit agar terhindar dari masalah kulit kering dan kusam. Untuk orang dewasa, disarankan untuk minum air mineral delapan gelas per hari atau lebih, bergantung pada aktivitas masing-masing. Dengan sering mengonsumsi air putih, kesehatan kulit Anda akan lebih terjaga dengan baik.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit kering pada tangan dan kaki. Semoga bermanfaat. (*)

BACA JUGA:Lakukan 7 Hal Ini Setelah Anda Makan Gorengan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: