4 Tips Memilih Jas Hujan untuk Berkendara di Musim Hujan

4 Tips Memilih Jas Hujan untuk Berkendara di Musim Hujan

4 Tips memilih jas hujan untuk berkendara--

DISWAY JOGJA – Jas hujan memiliki peran penting ketika memasuki musim pancaroba, sebab cuaca dapat berubah sewaktu-waktu. Masalahnya, ketika terjadi perubahan cuaca dari cerah menjadi hujan dan posisi kita masih dalam perjalan menggunakan sepeda motor. Diposisi seperti ini jas hujan menjadi penyelamat.

Dibalik pentingnya peran jas hujan terdapat beberapa masalah yang muncul ketika menggunakan jas hujan. Misalnya jas hujan yang terkena angin seringkali menutupi kaca spion sepeda motor sehingga sulit untuk melihat kondisi dibelakang kendaraan. 

Atau jas hujan yang dikenakan mengeluarkan suara berisik ketika melaku melaju dengan kecepatan sedang. Akibatnya ketika idealnya berkendara dengan menjaga fokus ekstra pada kondisi hujan, hal ini justru mengganggu konsentrasi karena suara berisik yang melekat pada tubuh.

Nah untuk menghindara bahaya-bahaya yang mengintai akibat salah memilih jas hujan, sebaiknya perhatikan tips otomotif berikut.

 

4 Tips Memilih Jas Hujan

1. Kualitas 

Ketika memilih mantel sebaiknya perhatikan kualitas yang akan dibeli. Mengutip dari Wahana Honda, bahan mantel yang direkomendasikan ialah minimal coating glossy atau berbahan bening yang anti embun seperti PVC (Poli Vinyl Chloride).

Selain itu, jika memiliki budget yang cukup sebaiknya pilih mantel yang memiliki lebih dari satu lapisan. Tujuannya agar pakaian tidak basah ketika menggunakan mantel ketika bertemu hujan karena mengeluarkan embun. Dengan lebih dari satu lapisan embun tidak menempel langsung pada pakaian.

Jika tidak mendesak hindari jas hujan sekali pakai yang berbahan dasar plastik kresek, sebab jika digunakan pada perjalanan jauh tidak nyaman karena mengeluarkan suara berisik. 

 

2. Ukuran sesuai kebutuhan

Ketika memilih baju hujan sebaiknya perhatikan ukuran yang dibutuhkan. Misalnya jika kebutuhannya untuk menutupi badan sebaiknya pakai ukuran yang pas. Namun jika memiliki kebutuhan untuk sekalian menutupi tas gendong sebaiknya gunakan jas hujan yang dapat mengakomodasi kebutuhan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: