4 Tips Memilih Jas Hujan untuk Berkendara di Musim Hujan

4 Tips Memilih Jas Hujan untuk Berkendara di Musim Hujan

4 Tips memilih jas hujan untuk berkendara--

Ukuran baju hujan yang sesuai dengan postur tubuh memberikan kenyamanan saat berkendara, sehingga tidak mengganggu konsentrasi saat berkendara dalam kondisi hujan.

 

3. Hindari Jas Hujan Ponco

Jika memungkinkan sebaiknya menggunakan baju hujan dengan model satu stel dari atasan hingga celana bawahan. Kini telah tersedia berbagai macam variasi baju hujan, misalnya satu stel baju hujan yang terdiri dari atasan dan bawahan rok yang cocok digunakan para kaum hawa.

Baju mantel ponco cenderung ribet dalam pemakaiannya dan memiliki banyak sisi yang terbuka, sehingga ketika hujan deras justru merepotkan. Terlebih ketika menggunakan sepeda motor manual yang menggunakan rantai, bagian belakang mantel ponco yang tak terduduki beresiko masuk kedalam rantai.

 

4. Warna Terang

Ketika hujan jarak pandang pengendara cenderung menjadi berkurang karena terhalang oleh air yang jatuh ke permukaan bumi. Oleh karena itu, agar mudah terlihat sebaiknya menggunakan mantel yang memiliki warna terang. Jika tidak terang setidaknya pada bagian belakang memiliki semacam sticker reflektor yang dapat memantulkan cahaya.

 

Penutup

Baju hujan atau mantel kini telah memiliki varian yang beragam, mulai dari ponco, satu stel atasan dan bawahan celana, sampai stel atasan dan bawahan rok. 

Lebih baik menggunakan mantel sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan agar berkendara dikondisi hujan tetap nyaman dan dapat menjaga fokus untuk mengurangi resiko kecelakaan. 

Jika memungkinkan jangan pilih mantel model ponco dan mantel darurat berbahan plastik kresek karena tidak praktis dan cenderung ribet. Namun jika sudah terlanjur jenis gunakan mantel tersebut untuk jarak dekat.

Demikian tips memilih baju hujan yang nyaman dipakai ketika musim hujan. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: