7 Saran Minuman yang Aman untuk Penderita Diabetes yang Tidak Meningkatkan Gula Darah

7 Saran Minuman yang Aman untuk Penderita Diabetes yang Tidak Meningkatkan Gula Darah

Minuman yang Aman untuk Penderita Diabetes--

DISWAY JOGJA - Penderita diabetes perlu lebih selektif dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Pasalnya, makanan dan minuman manis dapat meningkatkan kadar gula darah. Sebuah penelitian merekomendasikan untuk tidak mengonsumsi minuman nol kalori rendah atau rendah kalori.

Tujuannya untuk mencegah gula darah dan mengontrol berat badan. Jadi minuman apa yang terbaik untuk diminum? Di bawah ini kami ulas tujuh minuman yang baik dikonsumsi penderita diabetes.

1. Teh

Minuman pertama yang baik untuk penderita diabetes adalah teh. Seperti kita ketahui, teh mempunyai efek baik bagi kesehatan tubuh, termasuk bagi penderita diabetes. Ada banyak jenis teh, antara lain teh hijau, teh hitam, teh putih, dan teh oolong. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi teh hijau setiap hari dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah teh yang paling sehat untuk diminum adalah teh tanpa tambahan gula. Untuk rasa baru, Anda bisa menambahkan beberapa potong es atau lemon. 

2. Kopi 

Minuman yang baik untuk penderita diabetes selanjutnya adalah kopi. Minum kopi dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 dengan meningkatkan metabolisme. Seperti halnya teh, penting untuk tidak menambahkan pemanis pada kopi. Karena menambahkan susu, krim, dan gula ke dalam kopi meningkatkan jumlah kalori, sehingga memengaruhi kadar gula darah.  

3. Susu Nabati

Minuman yang baik untuk penderita diabetes selanjutnya adalah susu nabati. Penderita diabetes disarankan untuk memilih susu tanpa pemanis. Contoh susu nabati adalah kedelai, almond atau santan.

BACA JUGA:10 Cara Alami Hilangkan Jerawat Pada Wajah

4. Jus jeruk 

Minuman yang baik untuk penderita diabetes selanjutnya adalah jus jeruk. Jus jeruk murni baik untuk penderita diabetes, namun dalam jumlah sedikit. Ukuran porsi menjadi faktor utama dalam mengontrol asupan karbohidrat saat minum jus dengan makan.

Air jus saja dapat meningkatkan gula darah, namun menggabungkannya dengan makanan lain, terutama protein dan lemak sehat, dapat mencegahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: