10 Cara Alami Hilangkan Jerawat Pada Wajah

10 Cara Alami Hilangkan Jerawat Pada Wajah

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami--

DISWAY JOGJA - Jerawat diwajah seringkali membuat kita tidak percaya diri. Karenanya lebih baik jika segera dihilangkan, namun jangan sampai menimbulkan iritasi pada wajah. Untuk itu menghilangkan jerawat dengan bahan alami menjadi salah satu yang dianjurkan.

Jerawat merupakan kondisi kulit yang terjadi ketika folikel kulit tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Ini adalah kondisi yang umum terjadi pada usia remaja. Faktor utama dalam perkembangan jerawat yaitu genetika, diet, pola hidup tidak sehat, makanan yang dikonsumsi, perubahan hormon, dan infeksi kulit.

Saat ini ada banyak produk yang dibuat untuk menghilangkan jerawat dengan sekejap, namun perlu diwaspadai pula bahan yang digunakan apakah aman untuk kulit wajah atau tidak. Jangan sampai untuk menghilangkan sedikit jerawat, justru wajah kamu mengalami iritasi yang lebih parah.

Artikel ini akan membahas terkait cara alami dalam menghilangkan jerawat di wajah. Simak hingga akhir ya.

Adapun cara menghilangkan jerawat secara alami ini yaitu sebagai berikut.

BACA JUGA:8 Minuman yang Membantu Melancarkan Pencernaan

1. Lidah Buaya

Cara pertama untuk menghilangkan jerawat secara alami yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memiliki sfat antibakteri dan antiinflamasi alami yang dapat mengurangi dan mencegah munculnya jerawat. Terdapat juga molekul gula, asam amino, dan seng yang dapat melembapkan kulit.

Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu bersihkan area yang berjerawat, lalu oleskan gel lidah buaya tipis-tipis dan biarkan 10-15 menit. Gunakan 2 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

2. Putih Telur

Cara yang kedua dengan menggunakan putih telur. Di dalam putih telur memiliki kandungan enzim lysozyme yang dapat menyamarkan bekas jerawat kemerahan, mengangkat komedo dan menghaluskan tekstur wajah.

Untuk menggunakannya, kamu bisa memisahkan putih telur dari kuningnya dan campurkan dengan air lemon. Aplikasikan pada wajah seperti masker, kemudian biarkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

3. Air Perasan Lemon

Lemon mengandung asam askorbat tinggi yang ampuh menghilangkan jerawat membandel. Kandungan tersebut mimiliki antioksidan kuat yang membantu mencegah keparahan dan mempercepat proses penyembuhan.

Caranya sangat mudah, pertama bersihkan seluruh area wajah, peras lemon dan aplikasikan airnya sebagai masker. Biarkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Gunakan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

BACA JUGA:Sangat Penting untuk Memperhatikan Tanda-tanda Awal Penyakit Ginjal

4. Bawang Putih

Cara selanjutnya untuk menghilangkan jerawat diwajah yaitu dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih mengandung zat sulfur yang memiliki sifat antiinflamasi. Zat ini dapat meredakan peradangan jerawat dan mampu mengurangi kemerahan, bengkak, dan rasa sakit yang ditimbulkan.

Cara pemakaiannya yaitu potong bawang putih kecil-kecil, lalu tempelkan pada jerawat atau bekasnya. Biarkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

5. Madu

Madu memiliki sifat antibakteri alami karena mengandung hidrogen peroksida. Kandungan ini dapat membantu membunuh bakteri yang berperan dalam perkembangan jerawat, seperti propionibacterium acnes.

Cara menggunakannya sangat mudah, pertama kamu harus bersihkan wajah lebih dulu, lalu oleskan madu ke seluruh bagian wajah. Biarkan selama 15 menit, setelah itu bilas dengan air bersih.

6. Cuka Apel

Cara yang enam, kamu bisa menghilangkan jerawat dengan menggunakan cuka apel. Cuka apel ini mengandung antiseptik alami yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Kamu bisa mengaplikasikannya menggunakan kapas dan biarkan selama 5 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Hal yang harus diperhatikan yaitu jangan biarkan cuka apel menempel terlalu lama di kulit wajah, hal ini karena cuka apel mengandung asam asetat yang dapat memiliki afek mengiritasi dan merusak lapisan pelindung kulit.

BACA JUGA:12 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Ginjal

7. Alpukat

Alpukat merupakan bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jerawat di wajah, dengan mengaplikasikan alpukat sebagai masker wajah. Hal ini karena alpukat memiliki kandungan vitamin E yang bekerja untuk mengurangi peredangan pada kulit.

Cara menggunakannya cukup mudah, kamu hanya harus menghaluskan alpukat, lalu aplikasikan pada wajah sebagai masker. Kamu juga dapat mencampurkannya dengan madu, lalu biarkan selama 30 menit kemudia bilas dengan air bersih.

8. Mentimun

Cara menhilangkan jerawat dengan bahan alami selajutnya dapat dilakukan dengan menggunakan mentimun. Hal ini dikarenakan mentimun mengandung antioksidan tinggi, vitamin, dan asam amino yang mampu menghilangkan serta menenangkan peradangan jerawat.

Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengaplikasikan masker mentimun pada wajah selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

9. Tomat

Tomat dapat diguanakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan jerawat di wajah. Hal ini karena tomat mengandung vitamin A dan Vitamin C yang dapat menghilangkan jerawat secara alami. Tak hanya memiliki zat antiinflamasi, buah ini juga efektif untuk memperkecil ukuran pori-pori pada wajah.

10. Pepaya

Cara yang ke 10 untuk menghilangkan jerawat di wajah yaitu dengan menggunakan buah pepaya. Buah ini mengandung enzim papain yang dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit. Kelebihan minyak ulit dapat memperburuk masalah jerawat dengan menyumbat folikel rambut.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa menggunakan pepaya sebagai masker wajah alami. Caranya, haluskan pepaya dan aplikasikan ke seluruh wajah. Kemudian biarkan 30 menit lalu bilas dengan air.

BACA JUGA:Segera di Hindari: 4 Minuman ini Bisa Merusak Ginjal!

Itulah beberapa cara alami untuk menghilangkan jerawat di wajah. Sangat mudah bukan? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: