Pedagang Pasar Keluhkan Tumpukan Sampah di Saluran Bau Busuk, Kodim Brebes Bersih-bersih

Pedagang Pasar Keluhkan Tumpukan Sampah di Saluran Bau Busuk, Kodim Brebes Bersih-bersih

MEMBERSIHKAN - Anggota TNI Kodim Brebes dan jajaran Pemkab Brebes membersihkan saluran irigasi di kawasan Pasar Kodim Brebes. -EKO FIDIYANTO/ RADAR BREBES -

BREBES, DISWAYJOGJA - Para pedagang kawasan Kodim Brebes sambat bau busuk menyengat dari tumpukan sampah di saluran irigasi. Tumpukan sampah di saluran itu juga dikeluhkan para pembeli di pasar tersebut. Saluran irigasi ini berlokasi di tengah kawasan kota. Letaknya di samping Kodim Brebes dan melintang di tengah-tengah pasar.

BACA JUGA:5 Perbedaan TV LED dan TV LCD: Mana yang Lebih Baik? Simak Semua Disini!

Saat musim hujan saluran ini kian menjijikan. Air hitam dengan material sampah di dalamnya sangat tidak enak dipandang mata. Kondisi ini dikeluhkan para pedagang yang mangkal di pingir saluran irigasi. Di temui di lapak jualannya, Kamis (7/12/2023), mereka mengaku sangat tergsnggu akibat bau busuk dari saluran itu.

BACA JUGA:Pria Asal Slawi Tewas di Pasar Randugunting, Penjaga Malam Pukul Kepala Korban dengan Kayu

Waridah, 49, pedagang tempe saat ditemui di lapaknya sambat dengan kondisi ini. Menurutnya, bau busuk itu juga kerap mengganggu para calon pembeli. ”Paling bau itu kalau musim kemarau. Tapi sekarang musim hujan baunya tetap busuk. Airnya hitam penuh sampah,” terang Waridah.

BACA JUGA:Jelang Nataru di Kota Tegal, Keamanan Pangan Segar Asal Tumbuhan di Pasar Dipantau

Keluhan serupa disampaikan Rakhudin, 71, pedagang ikan. Pria ini tiap hari mangkal di pinggir irigasi yang kotor. ”Setiap hari mangkal di pinggir saluran. Banyak sampah di dalamnya, jadi bau banget,” ucap Rakhudin.

Merespon keluhan para pedagang dan warga, Kodim 0713 Brebes mengeluarkan program barunya yaitu “Gerakan Gotong Royong Tangan Tuhan Menuju Brebes Berhias”. Gerakan ini sinergi dengan pemerintah daerah, ormas, akademisi dan kominitas langsung melakukan aksi bersih bersih. 

BACA JUGA:5 Tips Mengendarai Sepeda Motor Saat Tiba-tiba Hujan di Jalan

Dandim Brebes Letkol Inf Sapto Broto mengerahkan puluhan anggotanya untuk membersihkan sampah. Timbunan sampah di dasar irigasi diangkat dan dibuang. Tema “Gerakan Gotong Royong Tangan Tuhan Menuju Brebes Berhias” dicetus oleh Dandim Brebes dengan tujuan mengajak seluruh warga melakukan hal terbaik dengan tulus ikhlas menjadikan Brebes menjadi maju.

BACA JUGA:Kupas Tuntas Kulkas Modern LG Objet Collection, Desain Estetik Dengan Dukungan Teknologi Canggih

Fogging atau pengasapan juga dilakukan bersamaan sebagai tindakan pengasapan dengan bahan insektisida. Hal ini bertujuan untuk membunuh nyamuk khususnya pembawa (vektor) penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Tidak hanya saluran kompleks pasar Kodim, anggota TNI ini juga dikerahkan membersihkan saluran irigasi tempat lain sekitar Kodim. Dandim berharap, saat hujan tidak menimbulkan banjir.

”Mulai hari ini akan dibersihkan. Anggota dikerahkan untuk mengeruk timbunan sampah agar aliran air tidak mampet. Saluran ini jangan dijadikan tempat buangan sampah,” kata Dandim Brebes. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: