8 Minuman yang Membantu Melancarkan Pencernaan

8 Minuman yang Membantu Melancarkan Pencernaan

Minuman yang Membantu Melancarkan Pencernaan--

DISWAY JOGJA - Kembung dan sembelit merupakan beberapa masalah pencernaan yang kerap menghambat aktivitas karena menimbulkan rasa tidak nyaman.

Menurut Klinik Cleveland, gangguan pencernaan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti intoleransi atau alergi makanan, masalah siklus menstruasi, atau makan terlalu cepat.

Contoh lain dari masalah pencernaan yang mengganggu aktivitas adalah diare, mual, dan kram. Ketika gangguan pencernaan terjadi, wajar untuk mencari bantuan sesegera mungkin, dan minuman tertentu dapat membantu. Sebab penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki setelah makan dapat mempercepat pengosongan perut.

Minuman yang membantu melancarkan pencernaan. Nah bagi yang ingin melancarkan pencernaan, ada beberapa minuman yang direkomendasikan para ahli, seperti dirinci pada halaman di bawah ini. 

1. Air  

Menurut ahli gizi terdaftar Jamie Nadeau (RDN), minuman terbaik untuk pencernaan adalah air putih. “Tetap terdehidrasi dan minum cukup air membantu memecah makanan dan memindahkannya secara efisien melalui sistem pencernaan Anda, membuat usus Anda lebih lancar,” jelasnya.

Jika Anda mengalami sembelit atau buang air besar tidak teratur, kemungkinan besar Anda juga akan mengalami kembung. "Buat air lebih enak dengan menambahkan jus lemon atau buah-buahan berserat yang lezat" saran Jamie.

BACA JUGA:5 Fakta yang Jarang Diketahui tentang Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

2. Kombucha 

Banyak ahli gizi merekomendasikan kombucha sebagai minuman probiotik fermentasi untuk memulihkan kesehatan usus. "Carilah kombucha yang rendah gula," kata Lisa Richards, ahli gizi dan penulis The Candida Diet.

Banyak merek kombucha yang mengandung tambahan gula yang dapat membahayakan usus, apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. “Kombucha paling baik dikonsumsi pada siang hari saat masih ada makanan di usus yang perlu dicerna,” ujarnya.

BACA JUGA:10 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan, Si Pedas Kaya Manfaat!

3. Air kelapa murni 

Saat Anda mengalami diare, tubuh Anda kehilangan elektrolit. Gantilah dengan meminum air kelapa murni 100%. “Ini adalah pengganti elektrolit yang lebih baik daripada minuman olahraga bergula dan berwarna artifisial,” kata pakar manajemen berat badan dan ahli gizi Rachelle Caves, RDN, CPT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: