12 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Ginjal

12 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Ginjal

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Ginjal-Istockphoto: SewcreamStudio-

DISWAY JOGJA - Beragam makanan yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal sebaiknya menjadi prioritas dalam rutinitas harian Anda. Hal ini terutama berlaku jika Anda berisiko terkena masalah ginjal. Ginjal adalah organ penting manusia yang menyaring sisa metabolisme dari darah, menyeimbangkan cairan tubuh, memproduksi sel darah merah, dan mengontrol tekanan darah. 

Tanpa ginjal yang sehat, tubuh dan organ lainnya tidak dapat berfungsi dengan baik. Ginjal Anda perlu makan dengan benar agar dapat berfungsi dengan baik. Pada dasarnya, semua makanan yang baik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Namun untuk menjaga fungsi ginjal, variasi makanan yang mengandung antioksidan, mineral, vitamin dan nutrisi lainnya sangat penting. Berikut daftar makanan yang baik untuk kesehatan ginjal, menurut Healthline: 

1. Kembang kol 

Kembang kol merupakan sayuran bergizi yang merupakan sumber nutrisi yang baik. Sayuran ini, seperti brokoli, mengandung vitamin C, K B dan asam folat. Selain itu kubis juga mengandung senyawa berupa antioksidan kuat yang membantu mencegah radikal bebas yang merusak fungsi ginjal. 

2. Blueberry 

Buah berwarna biru yang cantik ini kaya akan nutrisi dan merupakan sumber antioksidan yang baik. Blueberry mengandung antioksidan yang disebut antosianin, yang membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung, beberapa jenis kanker, dan bahkan mencegah demensia dan diabetes. Ini juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk ginjal Anda, termasuk natrium, fosfor, dan kalium dalam jumlah rendah. 

3. Ikan kakap

Ikan ini mengandung protein tinggi dan lemak sehat seperti omega-3. Omega-3 dapat membantu mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh dan mengurangi risiko depresi dan kecemasan. Rumput laut dikatakan baik untuk ginjal, namun karena mengandung fosfor, jumlah air laut harus dibatasi untuk menghindari makan berlebihan. 

4. Putih telur 

Putih telur bisa menjadi sebuah pilihan makanan sehat bagi orang yang tengah menjalani diet ginjal dari pada bagian kuningnya. Putih telur merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang juga baik untuk kesehatan ginjal.

BACA JUGA:5 Tips Mudah Atasi Sariawan dengan Rebusan Daun Bidara

5. Bawang putih 

Orang dengan penyakit ginjal mungkin ingin mengurangi jumlah garam dan natrium yang mereka makan setiap hari. Oleh karena itu, bawang putih dapat digunakan untuk mengolah berbagai macam masakan dan lebih cocok untuk memberikan nutrisi yang menyehatkan pada ginjal. Bawang putih mengandung magnesium, vitamin C, dan vitamin B6 yang dapat berperan sebagai agen anti inflamasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: