Segera di Hindari: 4 Minuman ini Bisa Merusak Ginjal!

Segera di Hindari: 4 Minuman ini Bisa Merusak Ginjal!

Minuman ini Bisa Merusak Ginjal-Istockphoto: ljubaphoto-

DISWAY JOGJA - Tampaknya beberapa minuman berdampak buruk bagi ginjal dan pencernaan. Apa yang Anda minum sama pentingnya dengan apa yang Anda makan untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Sayangnya, Anda mungkin mengonsumsi beberapa minuman ini setiap hari. Minuman ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada ginjal Anda dan lama kelamaan dapat menyebabkan kerusakan serius pada ginjal Anda. Minuman berikut dapat merusak ginjal Anda dan sebaiknya dihindari: 

1. Minuman berkarbonasi 

Jika Anda ingin melindungi kesehatan ginjal Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menghentikan konsumsi soda yang dimaniskan dengan gula dari makanan Anda sekarang. Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Nephrology menemukan bahwa di antara 2.382 peserta Tehran Lipid and Glucose Study, mereka yang minum empat atau lebih minuman ringan bergula per minggu memiliki risiko dua kali lipat terkena penyakit ginjal dibandingkan mereka yang tidak. Satu porsi soda atau kurang setiap minggu.

BACA JUGA:Batuk Pilek Hilang Seketika: Inilah Resep Buah Pir Kukus, Obat Tradisional dari Tiongkok

2. Minuman berpemanis

Dalam hal kesehatan ginjal, minuman manis tidak lebih baik dari minuman yang dimaniskan dengan gula atau sirup jagung fruktosa tinggi. Menurut penelitian tahun 2011 yang diterbitkan dalam Clinical Journal of American Society of Nephrology, di antara 3.318 peserta wanita dalam Nurses' Health Study, Menurut sebuah penelitian kesehatan, orang yang minum lebih dari dua minuman ringan manis sehari dua kali lebih mungkin menderita penurunan fungsi ginjal. Mereka melakukan lebih baik daripada mereka yang pergi.

BACA JUGA:Tetap Jaga Kesehatan saat Musim Pancaroba! Kenali 6 Tanda Khasnya!

3. Jus kemasan 

Dengan kandungan gula yang tinggi gula dan kalori, jus bukanlah teman membantu lingkar pinggang atau ginjal Anda. Di antara peserta Studi Lipid dan Glukosa Teheran, mereka yang meminum minuman manis memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit ginjal kronis dibandingkan mereka yang tidak meminum minuman manis. Untuk mengetahui lebih banyak alasan untuk tidak minum air putih.

BACA JUGA:Mengatasi ISPA dengan Minuman Herbal Buah Pir, Jahe, Cengkeh, dan Kayu Manis. Berikut Langkahnya!

4. Alkohol 

Jika Anda rutin minum alkohol, bukan hanya kesehatan hati Anda saja yang berisiko. Sebuah studi perbandingan yang diterbitkan dalam Journal of Nephrology, Dialysis and Transplantation menemukan bahwa pada kelompok yang terdiri dari 6.259 orang dewasa, peminum berat didefinisikan memiliki tingkat albuminuria yang jauh lebih tinggi. Ini merupakan indikator kandungan protein albumin dalam urin seseorang dan juga merupakan indikator penyakit ginjal.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: