Sayuran ini menyebabkan Asam Urat, Berikut 7 Sayuran Tinggi Purin yang Wajib Dibatasi!

Sayuran ini menyebabkan Asam Urat, Berikut 7 Sayuran Tinggi Purin yang Wajib Dibatasi!

Sayuran Tinggi Purin--

Meski brokoli diketahui merupakan sayuran yang kaya terutama vitamin C dan K, namun perlu diingat bahwa brokoli sangat kaya akan purin, mencapai 81 mg per 100 g, sehingga sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedikit. 

Vitamin C pada brokoli mendukung sistem kekebalan tubuh, sedangkan vitamin K berkontribusi pada produksi kolagen dan memperkuat tulang dan gigi. Meski tidak dianjurkan untuk penderita asam urat, brokoli tetap bisa bermanfaat jika Anda berhati-hati untuk tidak memakannya dalam jumlah banyak. 

5. Kembang Kol 

Kembang kol merupakan sayuran padat nutrisi, rendah garam, bebas lemak yang mengandung asam folat dan vitamin C. Meski kembang kol tidak mengandung purin seperti brokoli, namun penderita asam urat disarankan untuk membatasi asupan kembang kol.

Kembang kol mengandung purin dengan kandungan 23 gram per 100 gram, sehingga disarankan tidak mengonsumsi lebih dari 85 gram. 

6. Kacang Polong 

Kacang polong, yang sering digunakan dalam tumisan, merupakan sayuran renyah yang tidak terlalu matang. Kacang polong mengandung 50 mg purin per 100 gram. Jumlah makanan yang dianjurkan tidak melebihi 85 gram dan tidak lebih dari 5 kali seminggu.

BACA JUGA:8 Minuman yang Membantu Melancarkan Pencernaan

7. Melinzo 

Melinjo mengandung 150 mg purin per 100 gram yang dapat menyebabkan asam urat jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Keripik melinjo yang diolah dari biji melinjo memiliki kandungan purin sebesar 150 hingga 222 mg per 100 gram. 

Mengonsumsi makanan kaya purin dapat menyebabkan kelebihan asam urat dalam tubuh Anda. Oleh karena itu, bagi penderita asam urat tinggi, sebaiknya hindari konsumsi makanan kaya purin, seperti Emping melinzo, untuk mencegah penyakit ini kambuh lagi.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: