Sayuran ini menyebabkan Asam Urat, Berikut 7 Sayuran Tinggi Purin yang Wajib Dibatasi!

Sayuran ini menyebabkan Asam Urat, Berikut 7 Sayuran Tinggi Purin yang Wajib Dibatasi!

Sayuran Tinggi Purin--

DISWAY JOGJA - Asam urat merupakan penyakit yang terjadi ketika asam urat dalam tubuh meningkat terlalu cepat. Asam urat diproduksi ketika tubuh memecah senyawa yang disebut purin, sehingga penderita asam urat harus membatasi makanan tinggi purin. 

Penelitian nutrisi menunjukkan bahwa salah satu penyebab tubuh memproduksi asam urat berlebih adalah pencernaan makanan yang mengandung prekursor asam urat berlebih atau kaya purin. Jadi haruskah kita membatasi sayuran kaya purin untuk mencegah asam urat? Simak penjelasan pada artikel dibawah ini! 

Sayuran yang sebaiknya dihindari penderita asam urat adalah: 

1. Jamur 

Meski tergolong makanan rendah kalori yang mengandung banyak nutrisi seperti riboflavin, niasin, dan copper, jamur memiliki kandungan purin yang tinggi yaitu 58 mg per 100 gram, sehingga sebaiknya dihindari dalam jumlah banyak. 

Penderita asam urat dianjurkan membatasi konsumsi jamur tidak lebih dari 85gram atau tidak lebih dari lima kali per minggu. Hal ini terutama berlaku untuk jamur kuping, yang kaya akan purin (yaitu 448 mg per 100 gram). 

2. Bayam 

Bayam dikenal sebagai sayuran sehat yang kaya zat besi, rendah kalori, dan tinggi serat, namun penderita asam urat sebaiknya menghindari makan terlalu banyak. Jumlah purin pada bayam adalah 57 gram per 100 gram dan asam urat meningkat jika dikonsumsi berlebihan.

BACA JUGA:Sangat Penting untuk Memperhatikan Tanda-tanda Awal Penyakit Ginjal

3. Asparagus 

Asparagus kaya akan nutrisi, termasuk vitamin B6, E, C dan asam folat, namun penting untuk diperhatikan bahwa asparagus juga mengandung purin.

Asparagus mengandung 23 gram purin per 100 gramnya, sehingga penderita asam urat sebaiknya menghindarinya. Dianjurkan makan asparagus tidak lebih dari 30 gram per hari, tidak lebih dari 5 kali seminggu.

BACA JUGA:Perhatikan 6 Tanda Diabetes Disebabkan oleh Tingginya Kadar Gula

4. Brokoli 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: